Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SIM Online, Korlantas Polri Gandeng BNI dan Pos Indonesia

Aplikasi Sinar berisi layanan perpanjangan SIM A & SIM C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori SIM secara online, layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi e-ppsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi e-rikkes
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 14 April 2021  |  22:51 WIB
Cara Pendaftaran SIM Online melalui Aplikasi SINAR - Korlantas Polri
Cara Pendaftaran SIM Online melalui Aplikasi SINAR - Korlantas Polri

Bisnis.com, JAKARTA - Korlantas Polri menggandeng BNI dan Pos Indonesia untuk memudahkan perpanjangan Surat Izin Mengemudi atau SIM.

Korlantas Polri sebelumnya telah meluncurkan aplikasi Sinar untuk memudahkan pembuatan dan perpanjangan SIM.

Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo mengatakan Korlantas Polri telah meluncurkan aplikasi Sinar (SIM Nasional Presisi). Peluncuran aplikasi ini masih dalam rangkaian Program Prioritas Kapolri yang disebut ‘Presisi” yakni Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan Berkeadilan.

"Aplikasi Sinar ini berisi layanan perpanjangan SIM A & SIM C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori SIM secara online, layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi e-ppsi, dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi e-rikkes," ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (14/4/2021).

Saat ini aplikasi Sinar tersedia untuk ponsel pintar dengan sistem operasi Android dan iOS. Untuk memperpanjang atau membuat SIM, pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Sinar tersebut.

Direktur Utama BNI Royke Tumilaar mengatakan BNI menyambut baik peluncuran Sinar ini sebagai upaya memudahkan pelayanan kepada masyarakat, implementasi digitalisasi di lingkungan Polri.

Di sisi lain inovasi ini turut mendukung upaya pemerintah dalam menerapkan protokol kesehatan melalui layanan perpanjangan SIM dari rumah saja.

BNI siap dengan solusi layanan digital untuk pembayaran SIM tersebut. Pemohon SIM akan mendapatkan Virtual Account (VA) BNI sebagai sarana melakukan pembayaran PNBP SIM.

"Untuk memudahkan masyarakat, Pembayaran PNBP tersebut bisa dilakukan melalui bank manapun termasuk melalui e-channel BNI seperti ATM, BNI Mobile Banking serta juga melalui seluruh kantor cabang BNI yang tersebar di seluruh Indonesia," kata Royke.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bni korlantas polri pt pos indonesia Surat Izin Mengemudi
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top