Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sidang Isbat Ramadan 2021 Digelar Sore Ini, Begini Tahapannya

Kemenag menjadwalkan pengumuman hasil Sidang Isbat itu dapat disampaikan Menag Yaqut sekitar pukul 19.30 WIB dan akan disiarkan langsung.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 12 April 2021  |  14:19 WIB
Ilustrasi - Tim rukyatul hilal PC NU melakukan pemantauan
Ilustrasi - Tim rukyatul hilal PC NU melakukan pemantauan "rukyatul hilal" di Balai Rukyat Bukit Condrodipo, Gresik, Jawa Timur, Kamis (14/6). Berdasarkan sidang isbat yang digelar di Kantor Kementerian Agama, Pemerintah menetapkan 1 Ramadan 1439 Hijriah jatuh pada Jumat, 15 Juni 2018. - ANTARA/Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Agama akan menyelenggarakan Sidang Isbat pada sore hari ini, Senin (12/4/2021), guna menentukan awal Ramadan 1442 Hijriyah.

Dikutip dari Twitter resmi Kemenag, @Kemenag_RI, Sidang Isbat itu akan digelar dengan sejumlah tahapan. Sidang tersebut akan diawali dengan paparan posisi hilal awal Ramadan 1442 H.

Tahapan itu akan dilaksanakan mulai pukul 17.00 WIB dan digelar secara terbuka. Bagian tersebut akan disiarkan langsung melalui laman resmi dan akun Youtube Kemenag RI.

"Setelah mendapatkan laporan hasil pemantauan hilal (Rukyatul Hilal) dari berbagai provinsi, sekitar pukul 19.00 WIB, digelar Sidang Isbat awal Ramadan 19.00 WIB, dipimpin Menag @YaqutCQoumas," demikian tulis akun Twitter Kemenag.

Dengan demikian, Sidang Isbat akan digelar setelah Maghrib dan akan dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Sidang Isbat ini akan digelar tertutup.

Sejumlah pihak lain yang mengikuti sidang tersebut adalah Majelis Ulama Indonesia atau MUI, Komisi VIII DPR RI, perwakilan organisasi masyarakat Islam dan duta besar.

Kemenag menjadwalkan pengumuman hasil Sidang Isbat itu dapat disampaikan Menag Yaqut sekitar pukul 19.30 WIB dan akan disiarkan langsung.

"Hasil Sidang Isbat awal Ramadan 1442 H, dijadwalkan akan diumumkan jam 19.30 WIB oleh Menag @YaqutCQoumas, bersama MUI dan Komisi VIII, dan akan disiarkan langsung oleh TVRI (TV Pool), RRI, serta youtube dan website Kemenag," demikian tertulis di akun @Kemenag_RI.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenag Ramadan sidang isbat
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top