Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menghitung Hari Jelang UTBK, Simak Tips Persiapan dari LTMPT

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) memberikan sejumlah tips menjelang UTBK agar calon mahasiswa tetap fokus dan terhindar dari Covid-19.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 08 April 2021  |  10:49 WIB
Salah satu peserta memperlihatkan surat keterangan hasil tes cepat (rapid test) sebelum mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur, Minggu (5/7/2020). UTBK yang diikuti 31.242 peserta tersebut selain memberlakukan protokol kesehatan juga mewajibkan peserta menunjukkan surat keterangan hasil
Salah satu peserta memperlihatkan surat keterangan hasil tes cepat (rapid test) sebelum mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, Jawa Timur, Minggu (5/7/2020). UTBK yang diikuti 31.242 peserta tersebut selain memberlakukan protokol kesehatan juga mewajibkan peserta menunjukkan surat keterangan hasil "rapid test" guna mencegah penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO - Moch Asim

Bisnis.com, JAKARTA – Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2021 tinggal menghitung hari. Simak beberapa tips menjelang UTBK dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) berikut ini.

Mengutip akun Instagram LTMPT, ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan para peserta UTBK SBMPTN. Pertama, menjaga kesehatan. Lantaran masih di tengah pandemi, LTMPT menyarankan para peserta untuk tetap ‘stay at home’ atau di rumah saja, agar tak kelelahan, tetap fokus dan terhindar dari penyakit.

Kedua, peserta wajib mencari informasi lokasi ujian dan syarat mengikuti UTBK melalui laman PTN Pusat UTBK pilihan.

“Hal ini karena terdapat beberapa pusat UTBK yang tidak memperkenankan peserta datang dan cek lokasi secara langsung,” tulis LTMPT, Rabu (8/4/2021).

Selanjutnya, jika ingin melihat lokasi gedung yang akan digunakan secara langsung pada H-1 UTBK, pastikan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak.

Terakhir, buat perkitaan jarak waktu tempuh dari rumah/penginapan/ lokasi asal ke Pusat UTBK pilihan, tempat ujian supaya tidak terlambat, tetap tenang dan fokus saat menjalani ujian.

Tahun ini, UTBK SBMPTN akan dilaksanakan dalam dua gelombang, serta jadwal tambahan untuk Pusat UTBK tambahan.
Gelombang I dilakukan pada 12-18 April 2021, Gelombang II dilakukan paa 26-30 April 2021 dan 1-2 Mei 2021.

Sementara itu, jadwal pelaksanaan UTBK pada Gelombang II dilakukan penambahan waktu pada 3-4 Mei 2021 pada Pusat UTBK di UI, UNJ, dan UPN Veteran Jakarta sebanyak 4 sesi dan di Pusat UTBK Unsulbar pada 3 Mei 2021 sebanyak 2 sesi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

UTBK Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT)
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top