Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prioritaskan Vaksin Lokal, Rusia Perlambat Proses Izin CanSino

Data awal menunjukkan vaksin CanSino memiliki efektivitas 65,7 persen dan telah mendapatkan izin edar di China, Meksiko, Pakistan, dan Hungaria.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 06 April 2021  |  15:06 WIB
Perusahaan vaksin dari China, CanSino Bio. - Istimewa
Perusahaan vaksin dari China, CanSino Bio. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Rusia memperlambat proses perizinan vaksin Covid-19 produksi CanSino Biologics Inc. dan memilih untuk memprioritaskan vaksin buatannya. 

Berdasarkan informasi dari sumber Bloomberg, Selasa (6/4/2021), pendaftaran satu-satunya vaksin produksi dari luar Rusia ini membutuhkan waktu yang lama karena otoritas memprioritaskan vaksin lokal.

Ketika mitra lokal CanSino yakni Petrovax Pharm LLC mengajukan izin pada November, belum ada indikasi yang jelas apakah Rusia mampu meningkatkan kapasitas produksi vaksin lokalnya.

Hingga saat ini, pemerintah menyatakan belum ada urgensi bahwa Rusia membutuhkan vaksin di luar buatan negara ini.

Juru bicara Petrovax menyatakan pasokan medis dari luar negeri seringkali membutuhkan waktu cukup lama untuk mengantongi izin dari pemerintah.

Rusia dan China tercatat agresif dalam memasarkan vaksinnya ke luar negeri seiring dengan upaya negara-negara barat yang memborong vaksin untuk kebutuhannya sendiri.

“Saya yakin vaksin kami adalah yang terbaik. Secara prinsip, semua orang bisa mendapatkan ini [vaksin Sputnik]. Vaksin ini ada di level terbaik di dunia,” kata Presiden Rusia Vladimir Putin.

Petrovax sendiri telah menyelesaikan uji klinis tahap III di Rusia pada tahun lalu dan perusahaan berharap pemerintah dapat mengeluarkan izin edar pada Januari lalu. Tetapi, Kementerian Kesehatan Rusia ternyata masih membutuhkan data-data tambahan terkait uji klinis tersebut.

Data awal menunjukkan vaksin CanSino memiliki efektivitas 65,7 persen dan telah mendapatkan izin edar di China, Meksiko, Pakistan, dan Hungaria.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

rusia Vaksin Covid-19 Vaksin Sputnik

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top