Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Berhasil Tekan Zona Merah, Satgas Imbau Daerah Fokus Menuju Zona Hijau

Fokus pengendalian Covid-19 terkini bagi sebagian besar pemerintah daerah adalah mengubah status daerahnya, dari zona oranye ke zona kuning, maupun dari zona kuning menjadi zona hijau
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito / Sumber: www.covid19.go.id
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito / Sumber: www.covid19.go.id

Bisnis.com, JAKARTA – Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan data penanganan Covid-19 makin baik dengan makin menurunnya jumlah zona merah di seluruh Indonesia hingga 28 Maret 2021. Diharapkan daerah bisa terus melakukan perbaikan dan segera masuk ke zona hijau.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 menyebutkan berdasarkan catatan zonasi nasional mencatatkan capaian yang baik, di mana jumlah kabupaten/kota zona merah terus menurun 50 persen yaitu dari 10 menjadi 5 kabupaten/kota.

Selain itu, penurunan juga terjadi pada zona oranye atau risiko sedang yakni dari 313 menjadi 301 kabupaten/kota.

“Namun, yang perlu menjadi perhatian terjadinya peningkatan pada zona kuning atau risiko rendah dari 183 menjadi 201 kabupaten/kota. Sementara zona hijau tidak ada kasus baru sebanyak 6 kabupaten/kota dan zona hijau tidak terdampak 1 kabupaten/kota,” kata Wiku pada konferensi pers virtual, Selasa (30/3/2021).

Melihat perkembangan ini, dapat disimpulkan bahwa fokus pengendalian Covid-19 terkini bagi sebagian besar pemerintah daerah kabupaten/kota adalah mengubah status daerahnya, dari zona oranye ke zona kuning, maupun dari zona kuning menjadi zona hijau.

"Karena selama ini kita berfokus pada penekanan jumlah zona merah," lanjut Wiku.

Kondisi peta zonasi saat ini terlihat membaik, jika dibandingkan dengan 31 Mei 2020 dan 17 Januari 2021. Pasalnya, pada angka sebelumnya terdapat 108 kabupaten/kota berada di zona merah.

Selain itu, perbandingan ini menunjukkan, jika pemerintah daerah dan masyarakat serius mengendalikan penularan kasus, dalam waktu singkat dapat menekan bahaya penularan secara signifikan.

“Hal ini berarti menyelamatkan banyak nyawa dan perubahan yang lebih baik ini merupakan buah jerih payah masyarakat dan pemerintah daerah dalam menekan laju penularan di masing-masing daerah. Kita harus menguatkan semangat ini untuk perkembangan penanganan Covid-19 kedepannya," pesan Wiku.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper