Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Heboh Warna Kulit, Pangeran William: Kami Bukan Keluarga yang Rasis

Klaim Meghan dan Harry bahwa seorang anggota kerajaan melontarkan komentar rasis telah mendominasi pemberitaan dan berpotensi merusak citra monarki yang sudah berusia 1.000 tahun tersebut.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 12 Maret 2021  |  07:35 WIB
Suasana persiapan Kerajaan Inggris menjelang pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle beberapa tahun lalu. - Twitter @KensingtonRoyal
Suasana persiapan Kerajaan Inggris menjelang pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle beberapa tahun lalu. - Twitter @KensingtonRoyal

Bisnis.com, JAKARTA - Kerajaan Inggris tengah dihadapkan pada tudingan berlaku rasis terhadap anak Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Hal itu bermula dari pernyataan terbuka Meghan Markle saat diwawancara Oprah Winfrey, Minggu lalu. Markle menyebutkan, sebelum Archie lahir, ada bangsawan Inggris yang mengkhawatirkan warna kulit anak Pangeran Harry tersebut.

Menanggapi opini yang bergulir, Pangeran William mengatakan Kerajaan Inggris tidak bersikap rasis kepada Meghan, istri Pangeran Harry.

Dilansir Reuters, saat berkunjung ke sekolah di London timur, William mengatakan dia belum berbincang dengan sang adik, Pangeran Harry, sejak wawancara itu ditayangkan beberapa hari lalu.

"Saya belum bicara dengannya, tapi nanti saya pasti bicara kepadanya," kata William.

Ditanya seorang reporter apakah keluarga kerajaan rasis, William menjawab, "Kami bukan keluarga yang rasis."

Dalam wawancara berdurasi dua jam, hampir tiga tahun setelah pernikahan dengan Pangeran Harry, Meghan mengatakan kerajaan tidak membantunya ketika ia merasa terasing hingga ingin bunuh diri.

Sementara Harry mengatakan ayahnya, Pangeran Charles, membuatnya kecewa dan dia merasa terjebak di dalam kerajaan.

Pada Selasa, Istana Buckingham mengeluarkan pernyataan atas nama Ratu Elizabeth, nenek Harry, yang mengatakan "Seluruh keluarga sedih mengetahui sepenuhnya betapa menantang beberapa tahun terakhir ini bagi Harry dan Meghan."

Tapi klaim Meghan dan Harry bahwa seorang anggota kerajaan melontarkan komentar rasis telah mendominasi pemberitaan dan berpotensi merusak citra monarki yang sudah berusia 1.000 tahun tersebut.

Meghan yang lahir dari keluarga birasial mengungkapkan ketika dia mengandung Archie, orang-orang khawatir atas Pangeran Harry tentang warna kulit bayi mereka.

Tapi dia dan Harry tidak mengatakan siapa yang mengatakan tersebut, meski kemudian Oprah mengklarifikasi bahwa ucapan itu tidak keluar dari Ratu Elizabeth maupun Pangeran Philip yang kini sudah berada di rumah sakit selama tiga pekan.

Dalam pernyataan dari ratu, istana mengatakan masalah ras sangat memprihatinkan dan akan diselidiki secara serius, tapi Istana mengatakan sebagian orang mungkin mengingat hal yang berbeda.

Istana juga mengatakan itu adalah masalah keluarga yang harusnya ditangani secara tertutup.

Selama wawancara, Harry juga mengatakan betapa jauhnya dia dengan anggota keluarga lain. Bahkan ayahnya pada suatu titik tidak mau mengangkat telepon dan ada jarak dalam hubungannya dengan William.

Wawancara, yang ditonton oleh 12,4 juta penonton di Inggris dan 17,1 juta di Amerika Serikat, terbukti memecah belah pendapat publik Inggris.

Sebagian meyakini betapa kuno dan tidak tolerannya Istana, sementara yang lain mencela wawancara Harry dan Meghan sebagai serangan yang mementingkan diri sendiri dan tidak pantas diterima oleh Elizabeth maupun keluarganya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inggris rasisme oprah winfrey pangeran william pangeran harry dan meghan markle

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top