Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

4 Kasus Corona B117 Ditemukan, Total Ada 6 Kasus di Indonesia

Kemenkes kembali mendeteksi adanya empat kasus mutasi Corona B117 asal Inggris di Indonesia.
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin - Youtube Sekretariat Presiden
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin - Youtube Sekretariat Presiden

Bisnis.com, JAKARTA — Kementerian Kesehatan mendeteksi adanya empat kasus konfirmasi positif virus Corona di Indonesia yang berkaitan dengan strain baru B117 asal Inggris.

“Di luar dari dua yang sudah kita identifikasi, kerja sama antara laboratorium Kemenkes dan Kemenristek sudah menemukan empat lagi yang terkonfirmasi,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers daring, Senin (8/3/2021).

Adapun, empat kasus mutasi itu ditemukan di Kalimantan Selatan pada 6 Januari 2021. Kemudian, Palembang, Sumatra Selatan pada 11 Januari; Medan, Sumatera Utara pada 28 Januari dan Balikpapan, Kalimatan Timur pada 12 Februari 2021.

“Keempat ini sudah dites positif, genome sequence-nya juga positif, strain baru dari UK. Mereka sudah sembuh dan sudah keluar,” kata Budi.

Hanya saja, dia menerangkan, pihaknya tengah melakukan penelusuran kontak erat dari empat pasien infeksi strain virus baru B117 asal Inggris tersebut.

“Untuk tindak lanjutnya kita lakukan penelusuran terhadap kontak erat, sedang kita kejar untuk segera bisa dites dan di-whole genome sequencing,” tuturnya.

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono mengungkapkan pemerintah telah mengidentifkasi dua mutasi B117 yang berasal dari Inggris di Tanah Air. Dua mutasi itu diketahui masuk dari perjalanan orang dari Arab Saudi.

Laporan itu disampaikan Dante setelah pihaknya memeriksa sebanyak 462 Whole Genome Sequence (WGS) virus SARS-CoV-2 yang berasal dari Indonesia yang telah dikirimkan ke GISAID untuk diteliti data genetik virus tersebut.

“Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa tepat satu tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia, ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus,” kata Dante dalam peringatan satu tahun pandemi Covid-19 secara semi virtual pada Selasa (2/3/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper