Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Setahun Covid-19 di Indonesia, Ini 3 Daerah yang Tak Terjamah Corona

Selain itu, Satgas Penanganan Covid-19 juga mencatat sampai dengan 28 Februari 2021, ada 8 daerah yang masuk zona hijau lantaran tak lagi mencatatkan kasus Covid-19.
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito./Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Indonesia sudah genap setahun dihadapkan pada tantangan penyebaran virus Corona atau Covid-19. Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat masih ada wilayah tersisa yang tak terjamah virus Corona.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebutkan sampai dengan 28 Februari 2021, ada 3 daerah masih menjadi zona hijau tak terdampak Covid-19, yaitu daerah Puncak, Dogiyai, dan Intan Jaya di Papua.

Sementara itu, 8 daerah lainnya yang masuk zona hijau lantaran tak lagi mencatatkan kasus Covid-19 termasuk Nias Utara dan Nias Selatan.

Selain itu, kondisi yang sama tercatat di di Papua ada Merauke, Tolikara, Waropen, Yalimo, dan Pegunungan Arfak, serta di Maluku yakni di Seram bagian Timur.

Kendati demikian, Wiku mengatakan bahwa masih terdapat perbedaan dalam data yang dianalisis karena kinerja sistem pengolahan data di masing-masing daerah berbeda-beda.

Sebelumnya, disebutkan di Papua ada 7 daerah yang tak terdampak Covid-19 sama sekali. Namun, data Kementerian Kesehatan menunjukkan hanya 3 daerah yang tidak terdampak wabah itu.

"Adanya perbedaan data pusat-daerah ini masih coba dievaluasi oleh Kemenkes terkait kinerja sistem pengolahan datanya demi sistem yang lebih interoperabelnya," ungkap Wiku kepada Bisnis, Rabu (3/3/2021).

Dalam konferensi pers sebelumnya, Wiku menyebutkan peta zonasi risiko Covid-19 nasional secara kuantitatif saat ini didominasi zona oranye (sedang) dan kuning (rendah). 

Wiku Adisasmito pun berpesan agar daerah zona kuning bisa cepat masuk ke zona hijau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper