Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

IDI Sebut Lantatur Percepat Program Vaksinasi

IDI menilai layanan tanpa turun untuk lansia akan membantu pencapaian target pemerintah dalam program vaksinasi
Newswire
Newswire - Bisnis.com 03 Maret 2021  |  16:43 WIB
Suasana pengecekan kesehatan calon penerima vaksin lewat metode layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru. - Antara
Suasana pengecekan kesehatan calon penerima vaksin lewat metode layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menilai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 lewat mekanisme layanan tanpa turun (lantatur) atau drive thru bisa diadopsi di berbagai daerah. IDI menilai lantatur bisa membantu pemerintah dalam mencapai target vaksinasi.  

Ketua Umum Pengurus Besar IDI Daeng M. Faqih mengapresiasi strategi vaksinasi Covid-19 melalui sistem lantatur yang dimulai hari ini dengan menyasar kategori penduduk lanjut usia atau lansia. 

Dia berharap, ada regulasi pelaksanaan vaksinasi yang melibatkan berbagai pihak termasuk swasta bisa diterapkan di seluruh daerah Indonesia sehingga target vaksinasi pemerintah bisa segera tercapai.

"Kami berharap kalau regulasi belum [ada],  segera dibuat supaya secara nasional kawan-kawan Halodoc dan Gojek bisa bergerak," katanya seperti dikutip dari Antara, Rabu (3/3/2021).

Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu meminta agar penyedia jasa layanan transportasi Gojek dan Halodoc bisa memfasilitasi mitra pengemudinya membawa satu orang lansia semisal kerabatnya.

"Bisa tidak semua ojol datang membawa satu lansia, langsung divaksin. Jadi bukan hanya ojol lansia yang datang. Mungkin saudara (lansia) yang dibawa datang ke sini," kata dia.

Dalam kesempatan itu, Co-Founder sekaligus Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi mengapresiasi partisipasi mitra pengemudi lansia dalam tahapan awal vaksinasi lantatur.

Menurut dia, program ini akan membantu mitra pengemudi lansia sebagai bagian dari urat nadi logistik nasional agar terlindungi dari paparan Covid-19.

Kemudian, sebagai bentuk dukungan, pihak Gojek menyediakan kendaraan bagi calon penerima vaksin yang berjalan kaki atau tidak memiliki kendaraan saat vaksinasi dilakukan.

"Dukungan kami dalam bentuk layanan Gocar untuk membantu masyarakat yang tidak menggunakan kendaraan ke lokasi drive thru. Mobil tanpa biaya tambahan, ada sekat pelindung, pembersihan rutin," tuturnya..

#satgasCovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksinasi Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Rivki Maulana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top