Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Jaksa Agung ST Burhanuddin Berhadapan dengan Uang Sogokan

Jaksa Agung ST Burhanuddin menceritakan hal tersebut terjadi pada saat dirinya baru saja menjabat sebagai jaksa.
Jaksa Agung ST Burhanuddin. JIBI/Bisnis/Abdullah Azzam
Jaksa Agung ST Burhanuddin. JIBI/Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin membeberkan bahwa dirinya hanya akan menangani kasus yang jelas tanpa sogok-menyogok setelah sempat menerima uang rasuah yang membuatnya tak bisa tidur sepekan.

Hal itu diungkapkan Jaksa Agung ST Burhanuddin dalam program podcast bersama Deddy Corbuzier pada Selasa (17/2/2021).

Dia menceritakan kejadian tersebut terjadi pada saat dirinya menjadi jaksa baru. Dia sempat disogok oleh pihak yang terlibat dalam perkara yang sedang ditangani. Namun, dia memutuskan untuk mengembalikan uang tersebut karena hatinya tidak tenang.

“[Setelah] ikut sidang lalu [saya] disuap enggak bisa tidur seminggu sampai putusan. Saya berpikir saya kembalikan uang itu dan sejak itu saya tidak akan mau bermain di ranah itu,” katanya.

Menurutnya, jika putusan pengadilan berbeda dengan harapannya, maka akan menimbulkan aib. “Sejak itu, saya selalu katakan kepada pimpinan, saya hanya mau menangani perkara yang betul-betul clear tidak ada apa-apa,” katanya.

Perkara dikucilkan dari lingkungan profesi, menurutnya itu menjadi risiko yang harus dijalaninya.

ST Burhanuddin memulai karirnya sebagai staf Kejaksaan Tinggi pada 1989 di Jambi dan terus menduduki kursi strategis dengan menjadi Kepala Kejaksaan Negeri di beberapa daerah.

Terakhir, Burhanuddin menjabat sebagai Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (jamdatun) pada 2011 - 2014.

Beberapa kasus besar yang sempat ditanganinya antara lain adalah perkara korupsi yang menjerat mantan Bupati Gowa almarhum Ichsan Yasin Limpo.

Dalam perbincangan bersama Deddy Corbuzier, Burhanuddin mengungkapkan bahwa dirinya tidak akan pandang bulu dalam melakukan penindakan hukum kepada siapapun, meski keluarganya sekalipun.

“Kalau saya dalam penegakan hukum, kalau memang melakukan tindak pidana, ya mohon maaf saja. Itu komitmen keluarga. Pada waktu saya jadi Jaksa Agung, kami kumpul dan berkomitmen agar tidak ada yang merecoki,” tuturnya.

Dia mengakui tindakan korupsi di Indonesia bagaikan fenomena gunung es. Namun, penegakan tetap harus berjalan meski setelah sejumlah oknum dibui, setelahnya akan ada orang yang melakukan pidana yang sama.

“Penegekan hukum harus tetap berjalan. Penegakan hukum harus siembang antara pencegahan dan penindakan. Kalau tidak dicegah akar permasalahannya, ya sama aja,” kata ST Burhanuddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper