Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejuta Lebih Orang Meninggal Akibat Covid-19 di Amerika Utara dan Selatan

Lebih dari100 juta kasus infeksi Virus Corona dan 2,1 juta kematian akibat Covid-19 dengan 44 juta kasus berada di Amerika Utara dan Selatan
Newswire
Newswire - Bisnis.com 28 Januari 2021  |  10:32 WIB
Seorang pria bersama anjing peliharaannya berjalan di kawasan toko-toko mewah yang tutup akibat merebaknya Covid-19 di Jalan 5th, Manhattan, Kota New York, New York, Amerika Serikat, Senin (11/5/2020). - Antara/Reuters\r\n
Seorang pria bersama anjing peliharaannya berjalan di kawasan toko-toko mewah yang tutup akibat merebaknya Covid-19 di Jalan 5th, Manhattan, Kota New York, New York, Amerika Serikat, Senin (11/5/2020). - Antara/Reuters\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Lebih dari 1 juta orang telah meninggal karena Covid-19 di Amerika Utara dan Selatan, menurut Organisasi Kesehatan Pan Amerika (PAHO) pada Rabu (27/1/2021).

Dalam sepekan terakhir saja, ada 2 juta lebih kasus Covid-19 dilaporkan di negara-negara Amerika, dengan Amerika Serikat (AS) sebagai penyumbang kasus utama dalam wabah tersebut, kata PAHO, cabang regional WHO itu.

Secara global, ada lebih dari 100 juta kasus infeksi  Virus Corona dan 2,1 juta kematian akibat Covid-19 dengan 44 juta kasus berada di Amerika Utara dan Selatan, menurut hitungan Reuters.

Di seluruh Amerika Utara, ada tekanan yang meningkat pada kapasitas rumah sakit dan di beberapa negara bagian AS, hampir 80 persen tempat tidur ruang perawatan intensif (ICU) digunakan untuk merawat pasien Covid-19, kata kepala PAHO Carissa Etienne dalam sebuah pengarahan virtual.

Tingkat infeksi serupa terlihat di banyak negara bagian di Meksiko, jumlah kasus Covid-19 meningkat tiga kali lipat di beberapa wilayah, ujar Etienne memperingatkan.

Situasi rumah sakit di Brasil sangat mengkhawatirkan dengan tiga perempat tempat tidur ICU ditempati di banyak negara bagian di Brasil.

Di Manaus, banyak pasien menunggu tempat tidur di rumah-rumah sakit yang kewalahan di bawah tekanan gelombang kedua infeksi Virus Corona yang dipersulit oleh varian baru virus yang terdeteksi di Brasil.

Varian-varian baru Covid-19 yang telah muncul di kawasan Amerika atau di luar kawasan telah terdeteksi di 14 negara di Amerika Utara dan Selatan, kata PAHO.

Menurut PAHO, hanya beberapa kasus mutasi Covid-19 Inggris dan Afrika Selatan yang telah ditemukan, terutama pada para pelancong, dan tampaknya tidak menyebar di kawasan tersebut.

Namun, Covid-19 varian Amazon yang telah muncul di kota Manaus di Brasil, memang tampaknya memiliki tingkat penularan yang tinggi.

PAHO mengharapkan penyaluran vaksin Covid-19 yang tersedia untuk negara-negara miskin melalui fasilitas COVAX yang dipimpin PBB akan dimulai pada Maret, dengan sekitar 164 juta dosis vaksin.

Fasilitas COVAX diperkirakan akan menyalurkan 2 miliar dosis vaksin di seluruh dunia.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Covid-19

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top