Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Covid Tembus 1 Juta, Kemenkes Pacu Testing, Tracing, dan Isolasi

Kemenkes akan menyiapkan tempat isolasi mandiri yang nyaman bagi pihak yang terjangkit virus Covid-19.
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  18:07 WIB
Ilustrasi - Petugas medis bersiap memakai alat pelindung diri untuk memeriksa pasien suspect virus Corona di ruang isolasi instalasi paru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, Riau, Jumat, 6 Maret 2020. - Antara
Ilustrasi - Petugas medis bersiap memakai alat pelindung diri untuk memeriksa pasien suspect virus Corona di ruang isolasi instalasi paru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dumai, Riau, Jumat, 6 Maret 2020. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan bahwa Kementerian Kesehatan bakal bekerja ekstra keras untuk melakukan testing, tracing, dan isolasi guna menekan laju penyebaran virus Covid-19.

Hal itu disampaikan Budi usai merespons kasus kumulatif Covid-19 di Indonesia yang mencapai 1 juta orang. Hingga hari ini, Selasa (26/1/2021) kasus kumulatif Covid-19 menyentuh angka 1.012.350.

"Ini tanggung jawabnya Kemenkes untuk memastikan bahwa program testing dari rakyat yang diduga terkena agar kita bisa identiffikasi laju penularan. Kita harus juga melakukan tracing atau pelacakan terhadap kontak erat yang sudah positif sehingga bisa mengurangi laju penularan," kata Budi dalam konferensi pers yang disarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (26/1/2021).

Dia mengatakan Kemenkes akan menyiapkan tempat isolasi mandiri yang nyaman bagi pihak yang terjangkit virus Covid-19. Hal ini, ucap Budi, agar yang bersangkutan bisa sembuh dan tidak menulari orang-orang di sekitarnya.

"Kita harus siapkan tempat isolasi yang nyaman agar yang bersangkutan bisa sembuh tanpa menulari teman-teman atau keluarganya yang lain, untuk mengurangi laju penularan," ujarnya.

Selain itu, dalam mengurangi laju penularan, Budi menyatakan bahwa semua pihak baik itu pemerintah maupun masyarakat harus disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

"Kehiudpan pasca dan sebelum pandemi akan berbeda, kita harus memastikan kita harus bekerja keras mengingatkan diri kita, mengingatkan teman-teman, keluarga dan rakyat yang ada di lingkungan kita agar disiplin protokol kesehatan, memakai masker cuci, tangan dan jaga jarak," kata Menkes.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

budi gunadi sadikin kemenkes menkes Covid-19
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top