Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Penjelasan BPOM soal Bupati Sleman yang Positif Covid-19 Usai Divaksin

Sri Purnomo, Bupati Sleman menjadi satu dari 10 sasaran pionir program vaksin nasional yang dimulai Pemerintah Kabupaten Sleman pada Kamis (14/1/2021).
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito./Istimewa
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Bupati Sleman Sri Purnomo terinfeksi positif Covid-19 setelah sepekan disuntik vaksin Covid-19. Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Lukito memberi penjelasan.

Penny menegaskan bahwa Sri Purnomo terdeteksi Covid-19 setelah 7 hari penyuntikan vaksin dosis pertama. Kata dia, vaksinasi menggunakan CoronaVac harus dilakukan sebanyak dua kali oleh penerima.

“Yang bersangkutan terdeteksi Covid-19 setelah 7 hari penyuntikan vaksin yang pertama. Efikasi vaksin dilihat setelah 2 kali suntikan dan pembentukan antibodi mencapai puncaknya 14 hari setelah penyuntikan ke-2,” katanya kepada Bisnis, Kamis (21/1/2021).

Menurutnya, vaksinasi membutuhkan waktu agar sistem imun meningkat sampai tahap perlindungan. Selain itu, vaksinasi di Indonesia masih tahap pertama, sedangkan tahap kedua dilaksanakan dua pekan setelah suntik dosis pertama.

“Saat kita disuntik vaksin membutuhkan waktu agar imun sistem kita meningkat sampai tahap melindungi dari vaksin, kan ini juga baru 1 dosis, nanti minggu depan baru akan dosis ke-2,” terangnya.

Selain itu, dia mengingatkan agar penerima vaksin tetap harus mematuhi protokol kesehatan dengan mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak guna mencegah terinfeksi Covid-19.

Sebelumnya, Bupati Sleman Sri Purnomo mengabarkan bahwa dirinya positif terpapar virus Corona kendati tepat sepekan lalu mengikuti program vaksinasi yang dijalankan pemerintah.

Dia mengumumkan hal itu melalui akun instagram resminya, @sripurnomosp, Kamis (21/1/2021). Melalui media sosial tersebut, dia mengunggah sebuah video penjelasan terkait kondisinya.

"Hari ini Kamis 21 Januari 2021, saya Sri Purnomo Bupati Kabupaten Sleman menyampaikan kondisi terkini yang sedang saya hadapi," demikian tulisnya sebagai keterangan yang menyertai unggahan video tersebut.

Dia menjelaskn sempat menjalani tes swab antigen pada Rabu (20/1/2021) dengan hasil positif. Pemeriksaan itu dilanjutkan dengan tes swab PCR dengan hasil yang sama.

"Kemudian siang ini pukul 13.00 Wib saya ke rumah sakit untuk melakukan rontgen thorax dan juga CT Scan thorax dan alhamdulilah hasilnya bagus dan paru-paru saya bersih," terangnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper