Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tips Sukses Kuliah Daring selama Pandemi Covid-19

Sistem perkuliahan jarak jauh ini dirancang khusus dengan kualitas lulusan yang sama dengan perkuliahan secara konvensional atau tatap muka.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 20 Januari 2021  |  18:38 WIB
Ilustrasi kuliah online - Istimewa
Ilustrasi kuliah online - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA -  Rektor Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI), Mochamad Wahyudi mengatakan, kehadiran dan keaktifan menjadi faktor penting dalam kuliah daring selama pandemi Covid-19.

"Kehadiran dan aktif selama kegiatan kuliah dapat memaksimalkan perkuliahan daring," kata Mohcamad Wahyudi melalui keterangan tertulis terkait tips menjalani kuliah daring di Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Perkuliahan daring sebenarnya bukan aktifitas baru di perguruan tinggi, beberapa termasuk di luar negeri bahkan sudah menerapkan jauh sebelum pandemi terjadi.

Sistem perkuliahan jarak jauh ini dirancang khusus dengan kualitas lulusan yang sama dengan perkuliahan secara konvensional atau tatap muka.

Menurut Wahyudi, kuliah daring ini lebih unggul, mahasiswa tidak perlu menghabiskan waktu di perjalanan. Namun, tetap harus bertanggung jawab dengan fleksibilitas waktu selama mengikuti kuliah daring.

Menurut dia, dalam perkuliahan online, hal yang harus dihindari menumpuk tugas.

Untuk tips selanjutnya, menciptakan suasana kuliah yang baik. Meskipun kuliah daring dapat dilakukan di rumah maupun tempat kos, tetap harus mengenakan pakaian rapi dan bersih.

"Bangun suasana yang baik layaknya kamu datang ke kampus sehingga 'mood' belajar menjadi lebih positif,” jelas Wahyudi.

Tips terakhir, adalah mencari ruang belajar yang nyaman karena kendala kuliah webinar yang sering terjadi pada mahasiswa adalah sulit berkonsentrasi. Sebaiknya, mahasiswa mencari ruangan yang tenang agar kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan tanpa distraksi.

Beberapa perguruan tinggi di Jakarta, saat ini menerapkan kombinasi perkuliahan tatap muka dan daring (blended learning) yang juga dicanangkan pemerintah.

"Sudah ada beberapa program studi yang akan menerapkan pembelajaran sistem blended learning," tuturnya.

Wahyudi berharap segala upaya ini diharap dapat bermanfaat bagi mahasiswa, agar kuliahnya tetap efektif dan menghasilkan ilmu yang berkualitas.

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kuliah pandemi corona

Sumber : Antara

Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top