Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tak Sendirian, Jokowi Disuntik Perdana Vaksin Covid-19 Bersama 3 Kelompok Ini

Presiden Jokowi dijadwalkan menjalani vaksinasi Covid-19 pada 13 Januari 2021 dan prosesnya akan disiarkan secara langsung.
Nyoman Ary Wahyudi
Nyoman Ary Wahyudi - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  18:58 WIB
Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas laporan Komite Penanganan Covid/19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 30 November 2020 / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas laporan Komite Penanganan Covid/19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin 30 November 2020 / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan disuntik perdana vaksin Covid-19 pada Rabu Pekan Depan atau 13 Januari 2021. Namun, Jokowi tidak sendirian, karena ada sejumlah orang lainnya yang akan disuntik perdana vaksin Covid-19 bersama Jokowi.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menuturkan pejabat publik, asosiasi profesi tenaga kesehatan hingga tokoh agama di daerah bakal menemani Presiden Jokowi untuk disuntik vaksin Covid-19 pada Rabu (13/1/2021) mendatang.

Rencana itu disampaikan Wiku berkaitan dengan komitmen pemerintah pusat untuk menyediakan vaksin Covid-19 yang aman bagi masyarakat luas.

“Ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk menyediakan vaksin yang aman dan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia sekaligus menjadi momen untuk mengajak masyarakat tidak ragu divaksin,” kata Wiku dalam keterangan virtual Sekretariat Presiden pada Kamis (7/1/2021).

Setelah vaksinasi perdana itu, Wiku melanjutkan, pelaksanaan berikutnya bakal dilakukan kepada masyarakat luas secara bertahap.

“Selanjutnya akan diteruskan pelaksanannya secara menyeluruh kepada masyarakat secara bertahap,” kata dia.

Presiden Jokowi dijadwalkan menjalani vaksinasi Covid-19 pada 13 Januari 2021. Guna meyakinkan masyarakat terkait keamanan vaksin Covid-19, proses vaksinasi akan disiarkan secara langsung.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jokowi menyampaikan bahwa izin penggunaan darurat atau emergency use authorization (EUA) untuk vaksin Covid-19 buatan Sinovac bisa diterbitkan oleh BPOM pada pekan ini atau paling lambat pekan depan.

“Tapi ini kita masih nunggu hasil pengujian, nanti akan keluar izin darurat penggunaan dari BPOM dan kita harapkan minggu ini atau minggu depan keluar setelah itu, sehari mungkin atau dua hari setelah itu langsung saya yang disuntik yang pertama vaksinnya, kemudian dokter dan perawat kemudian seluruh masyarakat,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/1/2021).

Jokowi mengatakan bahwa program vaksinasi akan dilaksakan pada pekan depan. Oleh sebab itu, distribusi vaksin Covid-19 telah dilakukan ke seluruh Provinsi di Indonesia.

Kepala Negara juga berharap setelah proses vaksinasi dilakukan kepada setidaknya 70 persen rakyat Indonesia, maka keadaan bisa kembali berangsur normal.

Sambil menunggu proses vaksinasi tuntas, Jokowi mengimbau masyarakat untuk bersabar dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi vaksinasi Vaksin Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top