Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kasus Covid-19 Meningkat, Lockdown Diperpanjang di Pantai Utara Sydney

Otoritas Australia memperpanjang penguncian atau lockdown untuk Pantai Utara Sydney setidaknya hingga 30 Desember dan mendesak seluruh kota untuk menghindari keramaian karena kasus infeksi Covid-19.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 26 Desember 2020  |  12:22 WIB
Sejumlah orang pada 20 Maret 2020 berjalan di Circular Quay di Sydney melewati kafe-kafe yang kosong akibat lockdown yang diberlakukan untuk membendung penularan virus corona jenis Covid-19. - Bloomberg
Sejumlah orang pada 20 Maret 2020 berjalan di Circular Quay di Sydney melewati kafe-kafe yang kosong akibat lockdown yang diberlakukan untuk membendung penularan virus corona jenis Covid-19. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA — Otoritas Australia memperpanjang penguncian atau lockdown untuk Pantai Utara Sydney setidaknya hingga 30 Desember dan mendesak seluruh kota untuk menghindari keramaian karena kasus infeksi Covid-19.

Sembilan kasus baru dicatat dalam semalam, menjadikan ukuran total klaster menjadi 116. Pejabat kesehatan tetap khawatir bahwa virus menyebar ke seluruh kota pada hari-hari menjelang Natal, dan telah mendesak warga Sydney untuk membatasi aktivitas mereka dalam beberapa hari mendatang.

"Masih ada kekhawatiran tentang CBD dan masih ada kekhawatiran tentang orang-orang di Pantai Utara yang mungkin secara tidak sengaja telah menyebarkan virus," kata Perdana Menteri negara bagian New South Wales Gladys Berejiklian seperti dikutip dari Bloomberg, Sabtu (26/12/2020).

"Strategi kami adalah menghentikan ini sejak awal secepat kami bisa," tambahnya.

Wabah tersebut merupakan pukulan bagi Australia, yang sebagian besar telah menekan penularan komunitas melalui pengujian yang ketat dan pelacakan kontak, dan dengan menutup perbatasan internasional.

Sekitar 250.000 orang di Pantai Utara telah diberitahu untuk tetap di rumah kecuali untuk perawatan medis penting.

Pihak berwenang masih mencoba menentukan sumber cluster yang membuat 5 juta penduduk Sydney dilarang bepergian ke negara bagian dan teritori lain di puncak musim liburan musim panas.

Wabah sebelumnya di negara bagian Victoria dan Australia Selatan dikaitkan dengan pelanggaran karantina di hotel yang menyebabkan virus bocor ke komunitas.

Sementara itu, Menteri Kesehatan New South Wales Brad Hazzard mengutuk orang-orang yang bersuka ria pada Hari Natal yang berkumpul dalam jumlah ratusan di Bronte Beach, yang berada di pinggiran timur Sydney.

Polisi dikerahkan untuk memisahkan penonton pesta, yang melanggar aturan jarak sosial saat mereka memenuhi taman di belakang pantai, dengan banyak yang mengenakan topi Santa.

Hazzard mengatakan adegan yang benar-benar mengerikanberpotensi menjadi acara penyebar super corona.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

australia

Sumber : Bloomberg

Editor : Miftahul Ulum
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top