Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cuaca 25-31 Desember, BMKG Prediksi 13 Wilayah Alami Hujan Lebat

Sejumlah wilayah diperkirakan akan mengalami hujan lebat dalam beberapa hari mendatang.
Anggara Pernando
Anggara Pernando - Bisnis.com 26 Desember 2020  |  02:01 WIB
Jalan Pandugo, Rungut, Kota Surabaya, Jawa Timur, terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak Sabtu (5/12/2020) siang hingga sore. - Antara
Jalan Pandugo, Rungut, Kota Surabaya, Jawa Timur, terendam banjir akibat hujan deras yang terjadi sejak Sabtu (5/12/2020) siang hingga sore. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memperkiraan cuaca sejumlah daerah hingga 27 Desember mendatang akan mengalami hujan lebat.

Deputi bidang Meteorologi Guswanto menyebutkan, cuaca pada 25-27 Desember 2020 akan terjadi hujan lebat disejumlah wilayah. Intensitas curah hujan berada 50-100 mm/hari yang dapat terjadi di Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, NTB, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Sedangkan untuk akhir tahun yaitu tanggal 28-31 Desember 2020, diprakirakan potensi hujan lebat dapat terjadi di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Papua Barat dan Papua,” kata Guswanto dalam keterangan tertulis, Jumat (25/12/2020).

Bersamaan dengan kondisi ini, BMKG memperkirakan akan terjadi gelombang laut dengan ketinggian 2,5 - 4 meter berpeluang terjadi pada tanggal 24-27 Desember 2020 di di Perairan barat Kepulauan Mentawai - Enggano, Perairan barat Lampung, Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga Pulau Sumbawa.

Berdasarkan prakiraan tersebut, BMKG mengimbau pihak-pihak terkait di Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, ataupun masyarakat yang tinggal di daerah yang berpotensi mendapatkan curah hujan tinggi hingga sangat tinggi, agar mewaspadai adanya ancaman bencana hidrometeorologi seperti genangan, banjir, longsor dan banjir bandang, serta diminta terus memonitor informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini dari BMKG,” katanya.

Masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam melalui sejumlah saluran termasuk media sosial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMKG
Editor : Anggara Pernando
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top