Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kabar Buat Pelancong, AP I Sediakan Drive Thru Rapid Test Antigen

Untuk mencegah terjadinya penumpukan antrean rapid test antigen dan proses verifikasi dokumen syarat penerbangan di bandara, pihaknya mengimbau calon penumpang pesawat udara untuk melakukan rapid test antigen H-1 sebelum keberangkatan.
Rinaldi Mohammad Azka
Rinaldi Mohammad Azka - Bisnis.com 25 Desember 2020  |  08:31 WIB
Antrean calon penumpang yang akan melakukan tes Covid-19 di Farmalab Terminal 3 Bandara Soekarno-hatta pada Jumat (18/12/2020). Antrean mulai terlihat sejak pukul 11.00 WIB. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti
Antrean calon penumpang yang akan melakukan tes Covid-19 di Farmalab Terminal 3 Bandara Soekarno-hatta pada Jumat (18/12/2020). Antrean mulai terlihat sejak pukul 11.00 WIB. - Bisnis/Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) menyiapkan antisipasi untuk menghadapi lonjakan penumpang pada Natal dan Tahun Baru di tengah tren penularan covid-19 yang terus naik.

Kabar terbaru, pihak pengelola bandara itu telah menyediakan rapid test antigen drive thru di sejumlah bandara.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi menerangkan guna mencegah terjadinya penumpukan antrean rapid test antigen dan proses verifikasi dokumen syarat penerbangan di bandara, pihaknya mengimbau calon penumpang pesawat udara untuk melakukan rapid test antigen H-1 sebelum keberangkatan.

Dengan begitu, proses keberangkatan pada hari keberangkatan dapat lebih nyaman tanpa waktu menunggu antrean yang cukup lama.

"Bagi calon penumpang, diingatkan pula untuk mengisi e-HAC di aplikasi mobile sebelum penerbangan untuk menghindari penumpukkan di antrean validasi bandara tujuan," katanya, Jumat (25/12/2020).

Untuk mengantisipasi terjadinya lagi penumpukan antrean rapid test antigen di bandara, Angkasa Pura I senantiasa melakukan beberapa upaya perbaikan dari hari ke harinya.

Pihaknya, melakukan penambahan beberapa titik pemeriksaan tes Covid-19 di bandara untuk mengurai penumpukkan antrean periksa dan menunggu hasil tes.

AP I juga melakukan penambahan petugas bandara yang menangani antrean calon penumpang, menyiapkan alur antrean pendaftaran tes Covid-19, antrean pembayaran, pengambilan sample, area tunggu pengambilan hasil yang disesuaikan dengan jumlah calon penumpang yang datang untuk tes Covid-19. Pengaturan alur ini dievaluasi setiap harinya.

Di bandara-bandaranya, AP I juga menyiapkan kursi tambahan di area tunggu pengambilan hasil dan memberikan air mineral kepada calon penumpang yang menunggu hasil tes.

Faik juga berkoordinasi dengan airlines untuk membuka layanan khusus refund dan reschedule tiket dengan syarat calon penumpang menunjukkan hasil rapid antigen.

"Untuk di bandara-bandara besar seperti Bandara Juanda Surabaya, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, sedang diupayakan untuk disiapkan layanan tes Covid-19 drive through di bandara agar konsentrasi antrean terpecah," paparnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angkasa pura i Natal dan Tahun Baru Covid-19
Editor : Edi Suwiknyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top