Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arab Saudi Mulai Pendaftaran Vaksin Covid-19 Gratis untuk Penduduk dan Ekspatriat

Pendaftaran tersebut dilakukan melalui aplikasi Sehhaty.
Kandidat vaksin Pfizer
Kandidat vaksin Pfizer

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Arab Saudi mulai membuka pendaftaran vaksinasi Covid-19 secara online bagi seluruh penduduk dan juga ekspatriat mulai Selasa (15/12/2020).

Pendaftaran tersebut dilakukan melalui aplikasi Sehhaty. Dilansir Saudi Gazette, vaksin ini tidak dipungut biaya baik bagi penduduk Arab Saudi maupun ekspatriat, berdasarkan kebijaksanaan dari Kerajaan.

“Pemberian vaksin akan diberikan dalam tiga tahap kepada kelompok tertentu. Untuk penyuntikan perdana akan dilakukan pada orang berusia di atas 65 tahun, tenaga kesehatan yang dianggap paling rentang terhadap infeksi Virus Corona, dan penderita obesitas yang memiliki indeks masa tubuh (BMI) di atas 40,” seperti dikutip dari Saudi Gazette, Selasa (15/12/2020).

Penderita penyakit kronis, seperti asma, diabetes, ginjal kronis, jantung kronis termasuk penyakit jantung koroner, dan penyakit paru obstruktif kronis, dan riwayat stroke juga akan mendapat vaksin covid-19.

Tahap kedua, vaksin ditujukan bagi kelompok penduduk dan ekspatriat yang berumur di atas 50 tahun dan penderita penyakit kronis seperti sebelumnya. Ketiga, vaksin akan diberikan kepada seluruh penduduk dan ekspatriat yang hendak mendapat vaksin

“Kementerian Kesehatan menegaskan bahwa langkah ini sebagai kelanjutan upaya dan langkah proaktif yang diambil Kerajaan sejak penyebaran pandemi,” katanya.

Adapun terkait dengan keamanan dan efektivitas vaksin telah dikonfirmasi oleh Kementerian Kesehatan setelah melewati tahapan pengujian. Hasil uji tersebut menunjukkan respons kekebalan tubuh dan antibodi pada penerima suntikan vaksin.

Sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi telah mengumumkan bahwa Saudi akan menjadi salatu negara yang pertama memenuhi kriteria efikasi dan keamanan dari industri vaksin dan inisiatif global COVAX.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper