Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ambrose Dlamini, Pemimpin Dunia Pertama yang Meninggal Akibat Covid-19

Perdana menteri berusia 52 tahun di negara monarki absolut tersebut sebelumnya menjalani perawatan di Afrika Selatan sejak 1 Desember.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 14 Desember 2020  |  17:05 WIB
Ambrose Dlami - bbc/getty image
Ambrose Dlami - bbc/getty image

Bisnis.com, JAKARTA - Ambrose Dlamini, Perdana Menteri Swasiland atau yang sekarang disebut Eswatini, dilaporkan meninggal dunia setelah empat pekan sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi wabah Covid-19.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh pernyataan dari Pemerintah Eswatini, sebagaimana dilansir dari situs web France24.com, Senin (14/12/2020).

Perdana menteri berusia 52 tahun di negara monarki absolut tersebut sebelumnya menjalani perawatan di Afrika Selatan sejak 1 Desember. Dia dilaporkan meninggal dunia kemarin malam waktu setempat.

Wakil Perdana Menteri Eswatini Themba Masuku mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Raja Eswatini Mswati III memerintahkannya untuk mengumumkan hari berkabung nasional atas kematian Dlamini.

“Yang Mulia Ambrose Dlamini meninggal dunia (Minggu) malam saat menjalani perawatan medis di sebuah rumah sakit di Afrika Selatan,” kata Masuku.

Swasiland merupakan salah satu negara terkecil di dunia yang penduduknya hanya 1,2 juta.

Dlamini dinyatakan positif terinfeksi virus Corona pada 16 November dan awalnya tidak menunjukkan gejala. Beberapa hari kemudian, dia akan dipindahkan ke Afrika Selatan dengan maksud untuk mempercepat pemulihannya.

Saat itu, Dlamini dinyatakan dalam keadaan stabil dan merespons pengobatan dengan baik.

Dlamini merupakan pemimpin negara pertama yang meninggal dunia setelah tertular virus Corona.

Sebelum Dlamini, beberapa pemimpin negara juga dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, namun berhasil sembuh termasuk Presiden AS Donald Trump, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, dan Pangeran Charles dari Inggris.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perdana menteri Covid-19

Sumber : France24.com

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top