Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ambrose Dlamini, Pemimpin Dunia Pertama yang Meninggal Akibat Covid-19

Perdana menteri berusia 52 tahun di negara monarki absolut tersebut sebelumnya menjalani perawatan di Afrika Selatan sejak 1 Desember.
Ambrose Dlami/bbc-getty image
Ambrose Dlami/bbc-getty image

Bisnis.com, JAKARTA - Ambrose Dlamini, Perdana Menteri Swasiland atau yang sekarang disebut Eswatini, dilaporkan meninggal dunia setelah empat pekan sebelumnya dinyatakan positif terinfeksi wabah Covid-19.

Kabar tersebut dikonfirmasi oleh pernyataan dari Pemerintah Eswatini, sebagaimana dilansir dari situs web France24.com, Senin (14/12/2020).

Perdana menteri berusia 52 tahun di negara monarki absolut tersebut sebelumnya menjalani perawatan di Afrika Selatan sejak 1 Desember. Dia dilaporkan meninggal dunia kemarin malam waktu setempat.

Wakil Perdana Menteri Eswatini Themba Masuku mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Raja Eswatini Mswati III memerintahkannya untuk mengumumkan hari berkabung nasional atas kematian Dlamini.

“Yang Mulia Ambrose Dlamini meninggal dunia (Minggu) malam saat menjalani perawatan medis di sebuah rumah sakit di Afrika Selatan,” kata Masuku.

Swasiland merupakan salah satu negara terkecil di dunia yang penduduknya hanya 1,2 juta.

Dlamini dinyatakan positif terinfeksi virus Corona pada 16 November dan awalnya tidak menunjukkan gejala. Beberapa hari kemudian, dia akan dipindahkan ke Afrika Selatan dengan maksud untuk mempercepat pemulihannya.

Saat itu, Dlamini dinyatakan dalam keadaan stabil dan merespons pengobatan dengan baik.

Dlamini merupakan pemimpin negara pertama yang meninggal dunia setelah tertular virus Corona.

Sebelum Dlamini, beberapa pemimpin negara juga dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, namun berhasil sembuh termasuk Presiden AS Donald Trump, Presiden Brasil Jair Bolsonaro, dan Pangeran Charles dari Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Sumber : France24.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper