Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Inggris Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal Mulai Besok

Suntikan pertama akan diberikan di 50 pusat rumah sakit di Inggris dan lainnya di Skotlandia.
Vaksin Covid-19./Istimewa
Vaksin Covid-19./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Vaksin Covid-19 telah mulai berdatangan di rumah sakit di seluruh Inggris dan siap untuk disuntikan mulai  besok sebagai vaksinasi terbesar dan paling kompleks dalam sejarah negara itu.

Persetujuan Inggris untuk pemakaian vaksin serta dimulainya imunisasi Covid-19 tidak berarti akhir dari pandemi sudah di depan mata, kata Stephen Powis dari Badan Kesehatan Nasional (NHS).

“Ini akan menjadi maraton dan bukan lari cepat, katanya seperti dikutip TheGuardian.com, Senin  (7/12/2020).

“Diperlukan waktu berbulan-bulan bagi kami untuk memvaksinasi semua orang yang membutuhkan vaksinasi,” kata Powis.

Dia mengatakan, bahwa kelemahan logistik vaksin tersebut tidak  banyak. Vaksin Pfizer/BioNTech harus disimpan dalam kemasan beku yang berisi 975 dosis pada suhu minus 70 derajat Celsius, karena itu tidak mudah untuk dipisah menjadi beberapa kelompok kecil untuk dibawa ke panti jompo, yang penghuninya telah ditetapkan sebagai prioritas pertama.

Vaksin itu hanya dapat dipindahkan empat kali dan hanya berlangsung selama lima hari pada suhu lemari es.

June Raine, Kepala Eksekutif dari Otoritas Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA), yang memberikan otorisasi darurat sementara vaksin pekan lalu, mengatakan telah menyetujui metode pemisahan paket, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati sekali agar tidak ada vaksin yang terbuang.

“Kami telah menyetujui bagaimana vaksin dapat dimasukkan ke dalam kemasan kecil, tetapi jelas harus hati-hati dan harus membaca panduan,” katanya kepada Andrew Marr Show dari BBC.

“Tujuan kami adalah memastikan vaksin menjangkau orang-orang di panti jompo seaman mungkin. Jadi semua orang bekerja keras dengan kolega kami di NHS untuk memastikan hal itu aman,” ujar Raine.

Suntikan pertama akan diberikan di 50 pusat rumah sakit di Inggris dan lainnya di Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara kepada orang-orang yang berusia di atas 80 tahun. Beberapa di antaranya mungkin merupakan penghuni panti jompo yang melakukan perjalanan.

Staf NHS bekerja sepanjang akhir pekan untuk mempersiapkan klinik imunisasi dan menyusun daftar siapa yang harus diundang untuk disuntik terlebih dahulu.

Orang berusia di atas 80 tahun yang sudah memiliki janji rawat jalan di rumah sakit minggu ini akan divaksinasi selama mereka berada di sana, menurut pihak NHS.

Begitu juga dengan pasien lanjut usia yang akan dipulangkan setelah dirawat di rumah sakit, kata Raine.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper