Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PIP Semarang Lantik 100 Wisudawan Diklat Pelaut

Direktur PIP Semarang, Mashudi Rofik mengatakan bahwa sejalan dengan amanah dari Presiden RI, bapak Joko Widodo untuk terus mendorong pembangunan SDM demi mewujudkan SDM yang unggul
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  15:07 WIB
PIP Semarang
PIP Semarang

Bisnis.com, JAKARTA - Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, yang merupakan bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP) Kementerian Perhubungan baru saja melantik 100 Wisudawan diklat pelaut.

Direktur PIP Semarang, Mashudi Rofik mengatakan bahwa sejalan dengan amanah dari Presiden RI, bapak Joko Widodo untuk terus mendorong pembangunan SDM demi mewujudkan SDM yang unggul, maka pada wisuda kali ini pihaknya mengusung tema “Lulusan PIP Semarang Siap Berperan Aktif Dalam Pelaksanaan Keselamatan, Keamanan, dan Pelayanan Transportasi Laut Baik Nasional Maupun Global," ujarnya dalam keterangan tertulisnya.

"Kami bersyukur kali ini telah melahirkan 100 lulusan terbaik untuk dunia transportasi laut untuk dapat bekerja di dalam dan luar negeri. Para lulusan itu terdiri dari Wisuda Perwira Pelayaran Niaga Program Diklat Pelaut Tk. III Pembentukan berjumlah 7 Wisudawan  dan Penutupan Diklat Pelaut Tk. III, Tk. IV & Tk. V Peningkatan berjumlah 93 Wisudawan yang ada di kampus tercinta PIP Semarang," kata Mashudi dalam keterangan tertulisnya.

Dalam sambutannya, ia berpesan kepada wisudawan bahwa saat dunia kerja seperti di kapal/perusahaan, mereka akan menghadapi tantangan yang ada dan harus mampu menyelesaikan masalah yang rumit/kompleks tersebut. Untuk itu hendaknya lulusan terus berkembang dan mengasah kemampuan yang dimiliki untuk menjadi manusia yang prima, profesional dan beretika, tiga hal yang diperlukan sebagai modal dasar. 

Mashudi juga mengatakan kalau saat ini sektor transportasi telah berkembang pesat dan sejalan dengan tujuan Pemerintah yaitu fokus untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur demi menciptakan pemerataan ekonomi. Banyak manfaat yang didapat pada pembangunan di sektor Transportasi Laut contohnya dalam pembangunan Pelabuhan di daerah-daerah.

“Di manapun pilihan kalian dalam bekerja, mau itu di kapal/ perusahaan asing maupun nasional, semua menjadi pilihan yang sama-sama terhormat, selama anda menjunjung tinggi profesionalisme dan bertanggung jawab agar dapat mewujudkan pelayaran yang aman dan selamat, bertujuan akhir zero accident.” pesannya.

Mashudi juga mengatakan bahwa saat ini kita memasuki era Revolusi Industri 4.0. dimana teknologi seperti kecerdasan buatan dan kemajuan internet sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Dengan pesatnya teknologi informasi pada saat ini, diharapkan para lulusan dari PIP Semarang terus dapat menyesuaikan kondisi terkini terutama agar dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan diri.

"Revolusi industri 4.0. harus kita hadapi dengan mengembangkan potensi yang ada dengan begitu akan terbuka peluang yang semakin luas bagi anak bangsa untuk berkontribusi terhadap perekonomian nasional," tutupnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelayaran wisuda
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top