Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kejar Target 97 Persen, Kemendagri Kebut Realisasi Anggaran

Realisasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kemendagri per 1 Desember 2020 baru mencapai 79,71 persen.
Rayful Mudassir
Rayful Mudassir - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  16:40 WIB
Gedung Kementerian Dalam Negeri - kemendagri.go.id
Gedung Kementerian Dalam Negeri - kemendagri.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri menargekan realisasi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) mampu mancapai 97 persen dalam dua pekan ke depan.

Pasalnya, berdasarkan laporan Sekeretarian Jenderal Kemendagri, kementerian tersebut baru merealisasikan DIPA sebesar 79,71 persen pada 1 Desember 2020.

Selain itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Muhammad Hudori menerangkan realisasi Satker Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) juga hanya sebesar 57,62 persen.

“Namun, dengan adanya penambahan anggaran sebanyak Rp38 miliar maka diharapkan agar seluruh jajaran dapat bergerak cepat untuk mencapai realisasi anggaran 97 persen,” katanya melalui keterangan resmi, Selasa (1/12/2020).

“Harapan saya mudah-mudahan bisa 97,41 persen, waktu kita tinggal 2 minggu, bagaimana teman-teman ini bisa 97 persen itu, khusus untuk DKPP ini di pantau,” ujarnya.

Pada realisasi DIPA 2019, Kementerian Dalam Negeri berada di peringkat ketiga untuk seluruh kementerian lembaga. Tahun ini, dia mendorong seluruh jajaran menopang perencanaan dan keuangan dapat berjalan lancar.

“Ini harus bahu membahu antara perencanaan dan karo keuangan,. Mudah-mudahan target kita yang tadinya rangking 3 dari k/l, mudah-mudahan bisa naik, yang sebelumnya kita pagu sedang, kalau rangking 1 dan 2 kan bisa ditambahkan sesuai dengan peraturannya,” terangnya.

Hudori meminta agar tim pemantauan dapat memberikan perhatian khusus untuk DKPP lantaran minimnya realisasi pagu yang baru tercapai, khususnya DKPP, 57,62 persen Biro Umum 63,60 persen, Pusat Penerangan 72,33 persen, Hukum 72,89 persen, Pusat Data dan Informasi 75,11 persen, Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) 80,68 persen, Biro Administrasi Pimpinan 83,83 persen.

“Saya mohon kepada teman-teman yang kurang terutama DKPP, (Biro) Umum, Puspen, Hukum dan Pusdatin untuk segera pak, karena rata-rata kita saja 84,86 persen,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

anggaran kemendagri dipa
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top