Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Fadli Zon Bakal Gantikan Edhy Prabowo? Ini Kata Rocky Gerung

Rocky Gerung menilai secara politik etis seharusnya Fadli Zon terlarang masuk ke dalam Istana. Kok Bisa?
Ika Fatma Ramadhansari
Ika Fatma Ramadhansari - Bisnis.com 01 Desember 2020  |  16:00 WIB
Pakar filsafat politik Indonesia Rocky Gerung memberikan pemaparan saat Forum Pikiran, Akal dan Nalar (Roadshow Polmark Indonesia dan Partai Amanat Nasional) di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (5/3/2019). - ANTARA/Didik Suhartono
Pakar filsafat politik Indonesia Rocky Gerung memberikan pemaparan saat Forum Pikiran, Akal dan Nalar (Roadshow Polmark Indonesia dan Partai Amanat Nasional) di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (5/3/2019). - ANTARA/Didik Suhartono

Bisnis.com, JAKARTA - Akademisi dan pengamat politik Rocky Gerung menyampaikan pandangannya terkait isu politisi Partai Gerindra Fadli Zon akan masuk dalam kabinet untuk menggantikan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.

"Secara politik etis seharusnya Fadli Zon terlarang masuk ke dalam Istana. Namun, jika atas dasar secara pragmatisme kekosongan kursi menteri di kabinet mesti digantikan Partai Gerindra, maka Fadli memang orang paling cocok masuk ke dalam kabinet," katanya video YouTube Rocky Gerung Official yang berjudul "Fadli Zon Dilarang Masuk Kabinet Gantikan Edhy Prabowo" yang diunggah Senin (30/11/2020).

Rocky mengungkapkan secara elektoral politik kursi menteri kelautan dan perikanan itu sudah dibagi kepada Gerindra. Dengan demikian, kursi tersebut merupakan jatah dari penguasa untuk Gerindra.

Lebih lanjut, Rocky mengatakan secara etika politik seharusnya Fadli Zon mengemukakan kepada media bahwa dia tidak mungkin masuk kabinet.

Pasalnya, ada kemungkinan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto mengundurkan diri dari kabinet.

Rocky membaca ada dorongan publik yang menginginkan Menteri Prabowo mundur dari posisinya dari kabinet.

Di sisi lain, lajutnya, mengingat kursi menteri yang kosong saat ini adalah jatah Partai Gerindra, maka Rocky berpendapat orang yang pas masuk ke kabinet adalah Fadli Zon.

"Karena pragmatisme maka mesti digantikan dari Gerindra, ya kalau itu yang terjadi memang Fadli Zon yang pas gitu kan, itu dari segi keahlian," jelasnya.

Rocky kemudian mewanti-wanti Partai Gerindra. Jika memang menginginkan Fadli Zon masuk dalam kabinet sebagai perwakilan dari Gerindra, maka keputusan ini harus segera diambil agar Fadli tidak dipermainkan media.

Dia menilai kecepatan isu publik jauh lebih liar daripada keputusan yang diambil oleh Gerindra.

Menurutnya, masuknya Fadli Zon ke dalam kabinet menurut Rocky akan memulihkan nama Gerindra atau menegakkan ulang integritas Gerindra.

"Prabowo dan Fadli nantinya akan menguasai media karena pemberitaaan akan dipenuhi oleh wajah kedua orang ini," jelasnya.

Di akhir video, Rocky mengingatkan sahabatnya Fadli Zon merupakan wakil rakyat yang mewakili suara rakyat Bogor di parlemen untuk mengawasi pemerintah. Jika Fadli akan berpindah ke kabinet, Rocky menilai perlu untuk meminta izin kepada rakyat Bogor yang dia wakili di parlemen.

"Sekarang kalau Fadli Zon pindah dari pengawas ke pemain dia mesti minta izin juga kepada konstituennya supaya ada etika. Kan enggak bisa Fadli Zon memindahkan suara konstituen dari parlemen ke kabinet," kata Rocky.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Fadli Zon rocky gerung edhy prabowo
Editor : Feni Freycinetia Fitriani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top