Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wakil Ketua DPR Sebut Birokrasi Rumit Masih Jadi PR Indonesia

Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mendukung Presiden Jokowi soal urgensi percepatan reformasi birokrasi dan struktural yang terungkap dalam pidato memperingati HUT ke-49 Korpri.
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin - Bisnis/Rayful Mudassir
Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin - Bisnis/Rayful Mudassir

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin mendukung pernyataan Presiden Joko Widodo terkait urgensi percepatan reformasi birokrasi dan struktural di Indonesia.

“Pemikiran dan pernyataan Bapak Jokowi benar adanya. Reformasi struktural sudah menjadi urgensi agar roda pemerintahan bisa berjalan dengan efisian dan produktif,” katanya kepada wartawan, Senin (30/11/2020).

Dia mengatakan hal itu perlu didukung sehingga dapat terlaksana untuk kemajuan bangsa.  Sebelumnya Presiden Jokowi menyampaikan urgensi percepatan reformasi birokrasi dan struktural dalam pidato memperingati HUT ke-49 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang ditayangkan melalui YouTube Sekretariat Presiden pada 29 November 2020.

Wakil Ketua DPR Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu menekankan pentingnya sistem birokrasi yang efektif dalam proses pengambilan keputusan. Menurutnya, efektifitas dan efisiansi instansi pemerintah perlu diselaraskan agar bisa tepat guna dalam proses pembangunan bangsa.

“Dalam persaingan global saat ini, banyak tugas dalam negeri yang perlu kita benahi. Salah satunya birokrasi yang rumit perlu dijadikan sederhana,” ujar Azis.

Menurutnya, hal itu juga akan bermanfaat terhadap penghematan anggaran dan membantu para pembuat kebijakan dalam menentukan langkah-langkah inovatif dengan cepat.

Politisi Partai Golkar itu juga sepakat dengan Presiden Jokowi terkait pentingnya Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjadi motor pembangunan bangsa dengan asas-asas Pancasila.

Jika ASN bisa efektif, jelasnya, maka pembangunan bangsa pun akan meningkat menuju kemajuan yang positif untuk kesejahteraan rakyat.

“Keberadaan ASN perlu menjadi bagian dari pembangunan karakter bangsa. Maka reformasi birokrasi dan struktural dibutuhkan demi menuju Indonesia Maju,” kata legislator dapil Lampung II itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper