Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bebegig atau Orang-Orangan Sawah Dipercaya Bisa Cegah Covid-19

Sejak saya membuat Ting Mong, mereka membantu saya mengusir jauh-jauh segala jenis virus, termasuk virus Corona dan menghentikan penyebarannya ke keluarga saya.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 29 November 2020  |  17:41 WIB
Ilustrasi - Orang-orangan pengusir burung di sawah - Wikipedia
Ilustrasi - Orang-orangan pengusir burung di sawah - Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga jarak, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir selama ini diyakni sebagai cara terbaik mencegah penularan Covid-19.

Protokol 3M itu ditegakkan seiring ancaman penyeberan Covid-19 yang hingga saat ini belum ada penangkalnya.

Namun, di Vietnam, ada cara unik untuk menghindari penularan virus Corona.

Ek Chan, 64, seorang warga dari sebuah desa di Kamboja, selama ini menghindari penularan virus corona tanpa menggunakan masker atau pun social distancing. Dia malah menggunakan dua orang-orangan sawah.

Masyarakat Kamboja menyebut orang-orangan sawah dengan sebutan Ting Mong.

Ek Chan menempatkan Ting Mong di gerbang rumahnya di Provinsi Kandal, dekat Ibu Kota Phnom Penh. Dia mengaku merasa tenang dengan tindakannya itu.    

Praktik supranatural seperti ini sudah terjadi di beberapa desa di Kamboja lebih dari satu abad. Warga Kamboja seperti Ek Chan, percaya pada kemampuan gaib dalam menangkis roh jahat dan penyakit.

“Sejak saya membuat Ting Mong, mereka membantu saya mengusir jauh-jauh segala jenis virus, termasuk virus Corona dan menghentikan penyebarannya ke keluarga saya,” kata Ek Chan yang membuat orang – orangan sawah sepasang laki-laki dan perempuan.

Ek Chan mengaku sangat percaya pada kekuatan magis Ting Mong. Walhasil, dia mengaku tidak waswas sama sekali tertular virus.

Kamboja adalah salah satu negara di dunia yang sedikit kasus positif Covid-19. Sejauh ini ada 307 kasus virus Corona di sana dan tidak ada yang meninggal karena virus mematikan tersebut.  

Akan tetapi, banyak masyarakat Kamboja waswas mereka bakal terinfeksi virus Corona setelah Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto melakukan kunjungan ke Kamboja pada bulan ini dan tak lama kemudian dia dinyatakan positif Covid-19.

Hal tersebut telah mendorong dilakukannya tes virus Corona pada ratusan orang dan karantina mandiri pada orang–orang yang berpotensi terpapar Covid-19, termasuk Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Sementara ini, acara kumpul-kumpul di Kamboja dilarang.

Orang-orangan sawah atau scarecrow di Indonesia dapat dijumlai di berbagai wilayah terutama yang ada persawahan dan tanaman padinya.

Orang-orang sawah ini biasa digunakan untuk menakut-nakuti burung agar tak memakan bulir padi yang sudah berisi dan siap panen.

Di Jawa Barat, orang-orangan sawah dikenal dengan nama bebegig.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vietnam Virus Corona Covid-19

Sumber : Tempo.co/Reuters

Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top