Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bebegig atau Orang-Orangan Sawah Dipercaya Bisa Cegah Covid-19

Sejak saya membuat Ting Mong, mereka membantu saya mengusir jauh-jauh segala jenis virus, termasuk virus Corona dan menghentikan penyebarannya ke keluarga saya.
Ilustrasi - Orang-orangan pengusir burung di sawah/Wikipedia
Ilustrasi - Orang-orangan pengusir burung di sawah/Wikipedia

Bisnis.com, JAKARTA - Menjaga jarak, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun di air mengalir selama ini diyakni sebagai cara terbaik mencegah penularan Covid-19.

Protokol 3M itu ditegakkan seiring ancaman penyeberan Covid-19 yang hingga saat ini belum ada penangkalnya.

Namun, di Vietnam, ada cara unik untuk menghindari penularan virus Corona.

Ek Chan, 64, seorang warga dari sebuah desa di Kamboja, selama ini menghindari penularan virus corona tanpa menggunakan masker atau pun social distancing. Dia malah menggunakan dua orang-orangan sawah.

Masyarakat Kamboja menyebut orang-orangan sawah dengan sebutan Ting Mong.

Ek Chan menempatkan Ting Mong di gerbang rumahnya di Provinsi Kandal, dekat Ibu Kota Phnom Penh. Dia mengaku merasa tenang dengan tindakannya itu.    

Praktik supranatural seperti ini sudah terjadi di beberapa desa di Kamboja lebih dari satu abad. Warga Kamboja seperti Ek Chan, percaya pada kemampuan gaib dalam menangkis roh jahat dan penyakit.

“Sejak saya membuat Ting Mong, mereka membantu saya mengusir jauh-jauh segala jenis virus, termasuk virus Corona dan menghentikan penyebarannya ke keluarga saya,” kata Ek Chan yang membuat orang – orangan sawah sepasang laki-laki dan perempuan.

Ek Chan mengaku sangat percaya pada kekuatan magis Ting Mong. Walhasil, dia mengaku tidak waswas sama sekali tertular virus.

Kamboja adalah salah satu negara di dunia yang sedikit kasus positif Covid-19. Sejauh ini ada 307 kasus virus Corona di sana dan tidak ada yang meninggal karena virus mematikan tersebut.  

Akan tetapi, banyak masyarakat Kamboja waswas mereka bakal terinfeksi virus Corona setelah Menteri Luar Negeri Hungaria Peter Szijjarto melakukan kunjungan ke Kamboja pada bulan ini dan tak lama kemudian dia dinyatakan positif Covid-19.

Hal tersebut telah mendorong dilakukannya tes virus Corona pada ratusan orang dan karantina mandiri pada orang–orang yang berpotensi terpapar Covid-19, termasuk Perdana Menteri Kamboja Hun Sen. Sementara ini, acara kumpul-kumpul di Kamboja dilarang.

Orang-orangan sawah atau scarecrow di Indonesia dapat dijumlai di berbagai wilayah terutama yang ada persawahan dan tanaman padinya.

Orang-orang sawah ini biasa digunakan untuk menakut-nakuti burung agar tak memakan bulir padi yang sudah berisi dan siap panen.

Di Jawa Barat, orang-orangan sawah dikenal dengan nama bebegig.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Tempo.co/Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper