Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gerindra Siapkan Calon Pengganti Edhy Prabowo, Pengamat Punya Feeling Lain

Sambil menunggu arahan Presiden Jokowi, Partai Gerindra segera mempersiapkan pengisi posisi Menteri KKP. Tapi, pengamat punya feeling berbeda.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 26 November 2020  |  18:59 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (25/11/2020). - Antara\r\n
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengenakan baju tahanan seusai diperiksa di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (25/11/2020). - Antara\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri ad interim Kelautan dan Perikanan.

Luhut menjadi menteri sementara bidang kelautan dan perikanan menggantikan Edhy Prabowo yang terganjal kasus suap ekspor benih lobster.

Menko Luhut akan memegang jabatan tersebut hingga Presiden Jokowi menentukan siapa suksesor Menteri KKP setelah Edhy.

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya akan segera mempersiapkan pengganti posisi Menteri KKP di partainya.

Kendati demikian, Dasco memastikan bahwa Partai Gerindra menunggu arahan Presiden Jokowi karena penunjukan menteri adalah hak prerogatif Kepala Negara.

Sementara itu, pakar komunikasi politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio memprediksi Presiden Jokowi tidak lagi mengambil opsi politisi Partai Gerindra sebagai Menteri KKP pengganti Edhy Prabowo.

“Kalau feeling saya ini tidak akan lagi diberikan kepada Gerindra. Mungkin akan ada penyegaran yang dilakukan Pak Jokowi, digilir ke partai lain karena ada partai [koalisi] baru yaitu PAN [Partai Amanat Nasional] yang belum dapat jatah [menteri],” kata Hendri kepada Bisnis, Kamis (26/11/2020).

Lebih lanjut, dia menyampaikan abatan Menteri KKP juga ada kans diisi oleh politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Namun, Hendri berharap Presiden Jokowi memilih profesional atau mixed parpol-profesional ketimbang politisi partai tertentu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi gerindra edhy prabowo
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top