Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gugatan Trump Gugur, Suara di Negara Bagian Georgia Dimenangkan Biden

Sekretaris Negara Bagian Georgia Brad Raffensperger mengatakan bahwa tidak ada bukti kecurangan atau penipuan yang meluas.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 20 November 2020  |  10:00 WIB
Capres AS Joe Biden merayaan kemenangannya dalam Pilpres AS di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7/11/2020). - Antara/Reuters\r\n
Capres AS Joe Biden merayaan kemenangannya dalam Pilpres AS di Wilmington, Delaware, AS, Sabtu (7/11/2020). - Antara/Reuters\\r\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden terpilih Joe Biden dipastikan sebagai pemenang di negara bagian Georgia setelah dilakukan penghitungan suara ulang sebagaimana dituntutut tim kampanye Presiden Donald Trump.

Sebagai kaum Demokrat pertama yang mengambil alih kemenangan di negara bagian itu sejak Bill Clinton pada tahun 1996, Biden memenangkan 16 suara electoral college sebagai bagian dari kemenangan dengan skor 306-232.

Menurut pejabat pemilihan setempat juga telah menyatakan kemenangan Biden lebih dari dua minggu setelah hari pemilihan.

Penghitungan ulang tersebut mengakibatkan pejabat di empat kabupaten menemukan total sekitar 5.800 suara. Sebagai hasilnya, Trump meraih sekitar 1.400 suara lebih sedikit dari Biden, tetapi tetap kalah. Sekretaris Negara Bagian Georgia Brad Raffensperger mengatakan bahwa tidak ada bukti kecurangan atau penipuan yang meluas.

"Penghitungan ulang suara bersejarah pertama di seluruh negara bagian Georgia telah menegaskan kembali bahwa sistem pemungutan suara melalui surat di negara bagian itu akurat dan hasilnya telah dilaporkan," ujarnya seperti dikutip TheGuardian.com, Jumat (20/11/2020).

Dia menyampaikan penghargaan atas kerja keras para pejabat pemilu kabupaten dan tingkat lokal yang bergerak cepat untuk melakukan dan menyelesaikan tugas penting dalam waktu singkat.

Donald Trump menolak untuk mengakui kekalahannya dan mempertanyakan hasil penghitungan suara di negara bagian termasuk Georgia dan meminta penghitungan ulang atau penundaan sertifikasi sambil membuat tuduhan liar dan tidak berdasar tentang kecurangan pemilu.

Presiden terus melakukannya hingga kemarin dengan referensi khusus ke Georgia, sebelum hasilnya dikonfirmasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Donald Trump Pilpres AS 2020 Joe Biden
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top