Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pekerjaan dengan Waktu Fleksibel Ternyata Pacu Partisipasi Perempuan

Penelitian ini menunjukkan pendekatan waktu kerja yang fleksibel dapat mendorong pengembangan karier secara seimbang bagi perempuan dan laki-laki.
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 17 November 2020  |  09:36 WIB
Pekerja perempuan memproduksi alat pelindung diri sebuah perusahaan garmen saat kunjungan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, Rabu (1/7/2020).  ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat
Pekerja perempuan memproduksi alat pelindung diri sebuah perusahaan garmen saat kunjungan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah di Jakarta, Rabu (1/7/2020). ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat

Bisnis.com, JAKARTA – Pekerjaan yang fleksibel bisa menjadi solusi untuk merekrut perempuan ke dalam posisi manajerial senior berdasarkan sebuah studi Zurich Insurance Group AG.

Dilansir dari Bloomberg, Selasa (17/11/2020), aplikasi pendaftaran untuk posisi manajerial dari perempuan melonjak 20 persen setelah perusahaan asuransi tersebut mengiklankan posisi yang memungkinkan opsi kerja yang fleksibel sebagai bagian dari penelitian Inggris ‘Behavioural Insight Team’.

Alhasil, jumlah perempuan yang dipekerjakan untuk posisi senior langsung melonjak sepertiga setelah rekrutmen itu.

Penelitian yang dilakukan sebelum Covid-19 menyebabkan lockdown di sebagian kawasan Eropa ini menunjukkan pendekatan waktu kerja yang fleksibel dapat mendorong pengembangan karier secara seimbang bagi perempuan dan laki-laki.

Meskipun partisipasi ekonomi terus menunjukkan peningkatan beberapa tahun terakhir, perempuan kebanyakan masih berkutat dengan urusan domestik. Hal ini menyebabkan partisipasi perempuan di pasar kerja terbilang rendah dibandingkan laki-laki, serta rata-rata laki-laki menghasilkan pendapatan lebih besar dibandingkan perempuan.

Zurich menyatakan inisiatif tersebut tidak hanya menguntungkan bagi perempuan. Aplikasi pendaftaran dari laki-laki dan perempuan tercatat meningkat dua kali lipat setelah opsi tersebut ditawarkan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perempuan lapangan kerja

Sumber : Bloomberg

Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top