Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Presiden Jokowi Akan Tanda Tangani RCEP pada KTT Ke-37 Asean Siang Ini

Pada hari terakhir KTT Ke-37 Asean, Presiden Joko Widodo akan menghadiri sejumlah konferensi secara virtual dari Istana Kepresidenan di Bogor, Jawa Barat.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 15 November 2020  |  11:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo menghadiri penutupan KTT Ke-37 Asean, salah satunya acaranya adalah penandatanganan Regional Comprehensive Economic Partnership pada Minggu (15/11/2020).

Pada hari terakhir KTT itu, Presiden Joko Widodo akan menghadiri sejumlah konferensi secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Kepala Negara akan mengawali rangkaian acara dengan menghadiri KTT Ke-11 Asean-PBB. Selanjutnya, Presiden juga akan hadir pada KTT Ke-4 RCEP.

Seperti dikutip melalui siaran pers Kementerian Luar Negeri pada 9 November 2020, Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) merupakan perjanjian perdagangan bebas di kawasan yang melibatkan 15 negara. Lima negara mitra yang akan terlibat di antaranya Australia, China, Jepang, Korea Selatan, dan Selandia Baru.

Perjanjian tersebut bertujuan untuk membuka akses pasar, menyediakan fasilitas perdagangan dan investasi, serta mempromosikan integrasi ekonomi regional.

"Di tengah upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19 saat ini, penandatanganan perjanjian RCEP diharapkan dapat membantu meningkatkan kepercayaan dunia usaha sekaligus menjaga stabilitas industri dan rantai pasok regional dan global," tulis siaran pers Kemenlu.

RCEP juga diharapkan dapat mendukung kawasan agar mengimplementasikan sistem perdagangan multilateral yang terbuka, inklusif, dan berbasis aturan.

Rangkaian KTT Ke-37 Asean ini akan ditutup dengan serah terima keketuaan Asean dari Vietnam kepada Brunei Darussalam pada siang ini.

Rangkaian KTT dimulai pada Kamis (12/11/2020). Dalam rangkaian KTT tersebut, dibahas langkah bersama untuk mencegah dampak kesehatan yang lebih luas dari pandemi Covid-19 bagi kawasan.

Para kepala negara atau pemerintahan Asean juga membahas prioritas pengembangan ekonomi di kawasan dengan negara-negara mitra guna menangani dampak ekonomi dan sosial akibat pandemi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ktt asean Presiden Joko Widodo
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top