Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Hadiri HUT Ke-9 Partai Nasdem Secara Virtual

Jokowi bicara mengenai dampak pandemi Covid-19 saat menyampaikan sambutan dalam acara peringatan HUT Ke-9 Partai NasDem pada Rabu (11/11/2020).
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 11 November 2020  |  15:16 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan secara virtual dalam acara peringatan HUT Ke/9 Partai Nasdem pada Rabu, 11 November 2020 / Youtube NasDem TV
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan secara virtual dalam acara peringatan HUT Ke/9 Partai Nasdem pada Rabu, 11 November 2020 / Youtube NasDem TV

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara peringatan HUT Ke-9 Partai Nasional Demokrat (NasDem) secara virtual pada Rabu (11/11/2020).

“Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-9 kepada Keluarga Besar Partai NasDem dan sekaligus selamat menjadi partai besar yang disegani,” kata Jokowi seperti dikutip dari YouTube NasDem TV.

Menurutnya, semangat dasar dari Partai NasDem yaitu Restorasi Indonesia menjadi semangat yang ada dalam pemerintah saat ini, terlebih dalam menghadapi banyak tantangan akibat pandemi Covid-19.

Dalam sambutannya, Jokowi juga menyampaikan mengenai dampak pandemi Covid-19, khususnya di bidang kesehatan dan ekonomi. Dia menyatakan selama 8 bulan menghadapi pandemi, Indonesia menghadapi banyak masalah di berbagai bidang.

Jokowi menyebut pandemi Covid-19 menyebabkan pengangguran meningkat menjadi 6,9 juta dan pertumbuhan ekonomi di kuartal ke-2 tahun 2020 menjadi minus 5,32 persen.

"Hal ini merupakan pukulan yang berat terhadap perekonomian nasional kita yang membutuhkan kerja-kerja yang tidak biasa-biasa, yang membutuhkan cara kerja yang luar biasa,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia menyatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia minus 3,49 persen pada kuartal III/2020. Meskipun demikian, dia menyebut ekonomi Indonesia mulai menunjukkan bangkit dan tren pemulihan.

"Alhamdullilah memasuki kuartal ke-3 tahun 2020, perekonomian kita sudah mulai ke arah pulih dan bangkit. Pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal ke-3 tumbuh minus 3,49 persen (yoy). Artinya sudah mengalami peningkatan pertumbuhan ekonomi 1,83 persen di kuartal ketiga dibandingkan dengan kuartal kedua," jelasnya.

Selain itu, Presiden juga mengajak Partai NasDem untuk bersama-sama berkontribusi mengembangkan sektor UMKM agar mampu bersaing di pasar global.

Terlebih dengan fasilitas GSP (Generalize System of Preference) dari pemerintah Amerika Serikat, Indonesia berkesempatan meningkatkan daya saing produk UMKM terhadap produk-produk negara lain.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi nasdem
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top