Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Refly Harun: Rizieq Shihab Bisa Perkuat Oposisi, Asal...

Jika bergabung dengan oposisi dalam parlemen yang hanya diisi oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan ada kemungkinan terjadi ketidakcocokan di antara petinggi partai dan Rizieq.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 10 November 2020  |  14:35 WIB
Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab - Reuters
Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menilai keberadaan Rizieq Shihab di Indonesia bisa memperkuat oposisi, tetapi di luar parlemen atau di luar partai politik.

Menurut Refly bergabung dengan oposisi dalam parlemen yang notabene hanya diisi oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan ada kemungkinan terjadi ketidakcocokan di antara petinggi partai dan Rizieq.

Lebih jauh lagi, tujuan pergerakan oposisi di dalam parlemen bisa disalahartikan atau dihubung-hubungkan dengan tujuan kekuasaan.

“Tapi kalau dasarnya adalah value atau nilai yang disepakati, mungkin gerakan oposisi itu akan jauh lebih efektif,” kata Refly dikutip dari channel YouTube Refly Harun, Selasa (10/11/2020).

Apalagi, sambungnya, pergerakan oposisi di luar parlemen dengan tujuan perbaikan atau nilai tertentu, juga telah digaungkan oleh pentolan Front Pembela Islam (FPI) melalui istilah Revolusi Akhlak.

Walhasil, dengan nilai yang ingin dicapai tersebut, ditambah dengan nilai-nilai lain yang kini juga tengah diperjuangkan sejumlah tokoh atau kelompok lain, akan menjadi sebuah kekuatan yang lebih besar dalam menjalankan tugas sebagai oposisi.

Namun, Refly memastikan bahwa semua pergerakan atau seruan para oposisi di luar pemerintahan tetap dalam koridor hukum yang berlaku alias berada pada jalur konstitusional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

oposisi habib rizieq revolusi Refly Harun
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top