Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pilpres AS 2020, Ini Daftar Gugatan Hukum yang Dilayangkan Trump

Tim kampanye Trump juga menggugat pejabat pemilihan Philadelphia atas pengawasan penghitungan suara.
Calon Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Joe Biden (kanan)./Istimewa
Calon Presiden AS Donald Trump (kiri) dan Joe Biden (kanan)./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Tim Kampanye Presiden Donald Trump mulai beralih ke pengadilan untuk mempertanyakan keabsahan penghitungan suara Pilpres AS ketika perolehan suara dari pesaingnya, Joe Biden, semakin ketat.

Agar tuntutan hukum berdampak pada hasil, pemilihan harus dilakukan di satu atau dua negara bagian dan bergantung pada hasil beberapa ribu suara, yang tampaknya tidak mungkin, kata para ahli hukum.

Di bawah ini adalah daftar kasus hukum yang telah dan akan dilayangkan dalam beberapa hari mendatang dan mungkin beberapa minggu ke depan.

Pennsylvania

Tim kampanye Trump menggugat Sekretaris Negara Bagian Pennsylvania Kathy Boockvar dan pejabat pemilihan daerah untuk membatasi waktu petugas pemilihan menghubungi pemilih via pos untuk memperbaiki cacat pada surat suara mereka.

Pengadilan Persemakmuran Pennsylvania mendengarkan kasus tersebut pada hari Jumat (6/11/2020).

Kasus serupa di Pengadilan Distrik AS di Philadelphia oleh pejabat Republik terhadap pejabat pemilihan dari Montgomery County mendapat sambutan skeptis dari hakim federal.

Pejabat Republik pada hari Kamis (5/11/2020) mencabut permintaan mereka untuk gugatan.

Tim kampanye Trump juga menggugat pejabat pemilihan Philadelphia atas pengawasan penghitungan suara di kota dan meminta diberi akses ke proses tersebut. Banding sedang menunggu di pengadilan tinggi negara bagian.

Partai Republik di negara bagian itu juga telah meminta Mahkamah Agung AS untuk meninjau keputusan dari pengadilan tertinggi negara bagian yang mengizinkan pejabat pemilu menghitung surat suara yang dicap pada Hari Pemilihan, 3 November, yang dikirim hingga Jumat.

Pada hari Rabu (4/11/2020), tim kampanye Trump mengajukan mosi untuk campur tangan dalam kasus tersebut.

Hakim Mahkamah Agung AS mengatakan pekan lalu tidak ada cukup waktu untuk memutuskan manfaat dari kasus tersebut sebelum Hari Pemilihan tetapi mengindikasikan mereka mungkin akan meninjau kembali setelah itu.

Hakim Samuel Alito, bergabung dengan rekan konservatif Clarence Thomas dan Neil Gorsuch, mengatakan dalam opini tertulis bahwa ada "kemungkinan besar" keputusan pengadilan Pennsylvania melanggar Konstitusi AS.

Pejabat pemilihan Pennsylvania mengatakan mereka akan memisahkan surat suara dengan cap pos yang tiba setelah Hari Pemilihan.

Dari sekitar 92 persen suara dihitung, Trump memimpin Biden di Pennsylvania dengan 50,2 persen suara berbanding 48,5 persen, menurut Edison Research.

Michigan

Tim kampanye Trump pada hari Rabu mengajukan gugatan di Michigan untuk menghentikan pejabat negara bagian menghitung surat suara sampai ada inspektur pemilihan di setiap dewan penghitungan pemilih yang tidak hadir. Kampanye juga ingin meninjau surat suara yang dibuka dan dihitung sebelum inspektur kampanyenya hadir.

Pada hari Kamis (5/11/2020), Hakim Pengadilan Michigan Cynthia Stephens menolak kasus tersebut.

Joe Biden diproyeksikan untuk memenangkan negara bagian ini dengan 50,6 persen suara, dengan 99 persen suara yang masuk sudah dihitung, menurut Edison Research.

Georgia

Tim kampanye Donald Trump pada Rabu mengajukan gugatan di pengadilan negara bagian di Chatham County, menuduh surat suara yang datang terlambat dicampur antara surat suara tidak sah dengan surat suara yang sah, dan meminta hakim untuk memerintahkan agar surat suara yang datang terlambat dipisahkan dan tidak dihitung.

Kasus tersebut ditutup pada hari Kamis (5/11/2020).

Donald Trump memimpin Joe Biden 49,5 persen berbanding 49,2 persen dengan 98 persen suara yang masuk di Georgia yang telah dihitung, menurut Edison Research.

Nevada

Pejabat kampanye Trump mengatakan mereka berencana untuk mengajukan gugatan di negara bagian tersebut setelah menuduh tanpa bukti bahwa ribuan suara yang tidak sah diberikan oleh orang yang sudah meninggal dan oleh pemilih yang tidak lagi menjadi penduduk Clark County.

Joe Biden memimpin Trump di Nevada 49,4 persen berbanding 48,5 persen dengan 89 persen dari suara yang diharapkan sudah dihitung, menurut Edison Research.

Layanan Pos

Seorang hakim AS pada hari Rabu (4/11/2020) mengatakan Jenderal Postmaster Louis DeJoy harus menjawab pertanyaan tentang mengapa Layanan Pos AS gagal menyelesaikan penyisiran yang diperintahkan pengadilan untuk surat suara yang tidak terkirim di sekitar belasan negara bagian sebelum batas waktu Selasa (3/11/2020) sore.

Hakim Distrik AS Emmet Sullivan mengawasi gugatan oleh Vote Forward, NAACP, dan pendukung komunitas Latino yang telah menuntut layanan pos mengirimkan surat suara tepat waktu untuk dihitung dalam pemilihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper