Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Penanganan Covid-19, Kemenkes Jamin Distribusi Logistik Alkes Merata

Seluruh logistik kesehatan yakni APD, masker N95 dan masker bedah didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 06 November 2020  |  11:04 WIB
Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran itu siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A - Pool
Petugas kesehatan memeriksa alat kesehatan di ruang IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin (23/3/2020). Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran itu siap digunakan untuk menangani 3.000 pasien. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A - Pool

Bisnis.com, JAKARTA – Untuk percepatan penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan terus memaksimalkan distribusi logistik kesehatan ke 34 provinsi di Indonesia.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi memerincikan berdasarkan data yang dihimpun Pusat Krisis Kesehatan, per 4 November 2020, logistik kesehatan yang telah sampai ke daerah yaitu Alat Pelindung Diri (APD) sebanyak 4.638.071 pcs, masker N95 sejumlah 5.509.760 pcs, dan masker bedah sebanyak 15.150.070 pcs.

“Sampai saat ini, bantuan sudah didistribusikan secara merata oleh Kementerian Kesehatan, didahului dengan kajian terkait jumlah kasus dan permintaan kebutuhan dari masing-masing provinsi, tujuannya agar distribusi tepat sasaran,” kata Oscar, melalui keterangan resmi Kemenkes Jumat (6/11/2020).

Dari hasil kajian yang telah dilakukan, ditetapkan bahwa provinsi dengan penerima bantuan terbanyak adalah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini dikarenakan provinsi dengan jumlah kasus Covid-19 terbanyak di Indonesia adalah DKI Jakarta, diikuti dengan Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Oscar memaparkan bahwa seluruh logistik kesehatan yakni APD, masker N95 dan masker bedah didistribusikan melalui Dinas Kesehatan Provinsi.

Untuk itu, bagi Rumah Sakit, Puskesmas maupun klinik yang membutuhkan dapat berkoordinasi dengan Dinkes Kab/Kota untuk selanjutnya diajukan ke Dinkes Provinsi sebagai titik penyaluran logistik kesehatan.

“Kami meminta kepada rumah sakit, puskesmas dan klinik yang membutuhkan masker maupun logistik kesehatan lainnya untuk segera berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat,” ujarnya.

Kendati telah mendistribusikan sejumlah logistik kesehatan, Oscar menekankan Kemenkes bersama Dinas Kesehatan Provinsi akan terus melakukan kajian kebutuhan logistik kesehatan agar pemenuhan kebutuhan logisitik kesehatan dapat terpenuhi dalam kaitannya untuk mempercepat penanganan Covid-19.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenkes alat kesehatan Virus Corona Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top