Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

WHO Tayangkan Acara Ketemu Menkes Terawan, Cek Linknya di Sini

Selain Menkes Terawan, WHO juga mengundang dua menkes dari negara lainnya untuk berbagi ilmu dalam penanganan Covid-19 yang dilaksanakan pada hari ini, Jumat (6/11/2020).
Menteri Kesehatan Terawan saat konferensi pers/Kemenkes
Menteri Kesehatan Terawan saat konferensi pers/Kemenkes

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto rencananya akan berbicara dan berbagi upaya-upaya praktik terbaik dalam penanganan Covid-19 bersama dua menteri negara lainnya sesuai undangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Konferensi pers tentang Covid-19 Intra-Action Review (IAR) yang akan digelar secara virtual hari ini, Jumat 6 November 2020 oleh WHO yang dapat disaksikan di sini: https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019. Acara tersebut akan digelar pada pukul 11.00 Central European Time atau 17.00 WIB.

Acara tersebut bertujuan sebagai bentuk koreksi dan peningkatan respons terhadap penanganan Covid-19 baik secara nasional maupun subnasional melalui pelaksanaan tinjauan intra-tindakan untuk peningkatan respon pandemi Covid-19.

Menanggapi undangan kepada Menkes, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Budi Hidayat mengatakan dukungan dari WHO terkait dengan keberhasilan Terawan dalam membawa Indonesia masuk ke dalam tiga negara yang berhasil mengendalikan pandemi Covid-19 dengan baik.

“Indonesia negara tiga terbaik menangani pandemi. Alhamdulillah, makanya di-support menterinya [Terawan] lihat data saja, dan ini kondisi baik juga karena peran masyarakat yang melakukan protokol kesehatan,” ujarnya saat dihubungi Bisnis, Kamis (5/11/2020).

Berdasarkan data yang ada, Budi menilai penanganan Covid-19 di Indonesia sudah mulai membaik dengan kasusnya cenderung menurun, positivity rate juga jauh dari angka dunia, dan angka kesembuhan meningkat dari angka dunia.

Dalam surat undangannya yang diteken Asisten Direktur Jenderal Kesiapan Darurat WHO Jaouad Mahjour, secara spesial Menteri Terawan diundang oleh WHO bersama tiga menteri kesehatan negara lain yang dinilai sukses menangani Covid-19.

Namun, tidak disebutkan menteri negara mana saja yang diundang.

Para menteri kesehatan itu, termasuk Terawan, akan bertemu dengan Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Tedros akan mendengarkan masukan dari mereka mengenai tindakan dalam penanganan Covid-19 atau tinjauan intra-tindakan (intra-action review/IAR).

IAR adalah sebagai ajang berbagi pengalaman lantaran Indonesia dinilai sukses melakukan penanganan Covid-19. Pelaksanaan IAR tersebut akan dilakukan pada Jumat, 6 November 2020.

“Kami mengundang bergabung bersama Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, dan menteri kesehatan dari tiga negara lain, Menteri Kesehatan Terawan untuk berbagi pengalaman Indonesia dalam suksesnya penyelenggaraan Covid-19 nasional,” demikian tulis undangan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper