Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sejarah Baru, Priyanca Radhakrishnan Menteri Asli India Pertama di Selandia Baru

Priyanca adalah anggota parlemen dari Partai Buruh di Selandia Baru dan telah diberikan tiga portofolio utama di sektor komunitas, keragaman, inklusi dan komunitas etnis; dan pemuda. Dia juga seorang menteri asosiasi untuk pembangunan sosial dan ketenagakerjaan.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 03 November 2020  |  11:06 WIB
Priyanca Radhakrishnan
Priyanca Radhakrishnan

Bisnis.com, JAKARTA - Priyanca Radhakrishnan menciptakan sejarah baru di Selandia Baru dengan menjadi Menteri asli India di kabinet PM Selandia Baru Jacinda Ardern.

Dia menjadi salah satu dari 5 Menteri Baru yang ditunjuk Ardern.  

Priyanca adalah anggota parlemen dari Partai Buruh di Selandia Baru dan telah diberikan tiga portofolio utama di sektor komunitas, keragaman, inklusi dan komunitas etnis; dan pemuda. Dia juga seorang menteri asosiasi untuk pembangunan sosial dan ketenagakerjaan.

Priyanca, 41, berasal dari Paravoor Utara di Ernakulam dan masih aktif mengunjungi keluarganya di sana. 

Priyanca adalah putri dari Paravoor Madavanaparambu Raman Radhakrishnan dan almarhum Usha, yang merupakan seorang ahli jantung. Kakek buyut dari pihak ibu, Dr C R Krishna Pillai, dikaitkan dengan politik Kiri di negara bagian itu dan telah memainkan peran penting dalam pembentukan Kerala. Dia lahir di Chennai tetapi dibesarkan di Singapura tempat dia bersekolah.

Kemudian, dia pindah ke Selandia Baru untuk mengejar gelar masternya dalam studi pembangunan dari Victoria University of Wellington. Sebagai pemimpin Partai Buruh selama 14 tahun, Priyanca pernah menjabat sebagai sekretaris pribadi Jenny Salesa, mantan menteri komunitas etnis. Demikian dilansir dari The Indian Express.

Surat kabar terkemuka 'New Zealand Herald' melaporkan bahwa tugasnya sebagai sekretaris pribadi pada tahun 2019 telah membantunya membangun basis untuk peran barunya sebagai menteri untuk keberagaman, inklusi, dan komunitas etnis. Ayahnya, seorang mantan insinyur sipil di Singapura yang saat ini berbasis di Chennai, mengatakan kepada TNIE bahwa dia sangat senang dengan langkah yang dilakukan putri sulungnya dalam lingkungan politik di Selandia Baru.

“Saya tidak punya waktu istirahat sejak Priyanca diangkat menjadi menteri. Saya telah menerima telepon. Dia telah menelepon saya pada hari Minggu dan menceritakan kepada saya secara tidak resmi bahwa dia diangkat menjadi Menteri dalam kabinet Jacinda Ardern. Pengangkatannya baru diumumkan hari Senin, ”kata Radhakrishnan.

Priyanca menyatakan bahwa baginya, “politik adalah tentang pilihan”. Dia percaya bahwa pengambilan keputusan harus "dipimpin oleh komunitas dan harus memberikan hasil yang lebih baik bagi semua orang, bukan hanya segelintir orang yang memiliki hak istimewa".

Deepa, istri sepupu pertama Priyanca, Dr Ajay D Nair dan ibu rumah tangga yang saat ini tinggal di Mavelikkara, mengatakan bahwa ini merupakan momen yang membanggakan bagi keluarga. “Priyanca selalu memastikan bahwa dia tetap berhubungan dengan kerabatnya dan selalu datang ke Kerala. Dia ada di sini pada Juni tahun lalu, ”kata Deepa.

Priyanca tinggal di Auckland bersama suaminya, Richardson, seorang karyawan IT, dan dua anjing penyelamat mereka. Menjelang pengangkatannya sebagai menteri, Priyanca, yang mengenakan sari kuning, telah memposting fotonya di akun Facebook-nya bertepatan dengan perayaan Diwali di daerah pemilihannya di Maungakiekie, Auckland.

Ketua Menteri Pinarayi Vijayan mengucapkan selamat kepada Priyanca atas pencapaiannya. Dalam surat yang dikirimkan kepadanya, Pinarayi berharap sebagai menteri, dia memberikan layanan teladan bagi pembangunan Selandia Baru.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

india selandia baru
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top