Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Gempa Bumi Landa Yunani dan Turki, 70 Orang Terperangkap Reruntuhan

Gempa bumi dengan magnitudo 7,0 melanda beberapa daerah di Yunani, Turki, Bulgaria dan Makedonia Utara.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 30 Oktober 2020  |  22:55 WIB
Sejumlah pekerja penyelamat berkumpul di sebuah bangunan yang ambruk untuk mencari korban akibat gempa bumi bermagnitudo 6,8 di Elazig, Turki, (24/1/2020). ANTARA/REUTERS/Sertac Kayar - aa.
Sejumlah pekerja penyelamat berkumpul di sebuah bangunan yang ambruk untuk mencari korban akibat gempa bumi bermagnitudo 6,8 di Elazig, Turki, (24/1/2020). ANTARA/REUTERS/Sertac Kayar - aa.

Bisnis.com, JAKARTA – Gempa bumi yang melanda Yunani, Turki, Bulgaria hingga Makedonia Utara, selain menimbulkan tsunami, juga menewaskan empat orang dan membuat 70 orang terperangkap di reruntuhan bangunan.

Seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (30/10/2020), gempa bumi yang dahsyat tersebut meruntuhkan lebih dari selusin bangunan di kota pelabuhan Aegean, Izmir, Turki dan menewaskan sedikitnya empat orang. Adapun getaran gempa bumi tersebut dirasakan hingga Ibu Kota Turki yakni Istanbul.

Setidaknya 120 lainnya terluka, menurut Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat Turki. Selain itu. Menurut laporan Anadoly Agency, 70 orang yang dilaporkan terperangkap di bawah reruntuhan di Izmir telah berhasil diselamatkan.

Pusat gempa, yang memiliki magnitudo 7,0 menurut catatan U.S. Geological Survey, bertitik di 17 kilometer dari pantai Seferihisar, Turki.

Otoritas Yunani mengeluarkan peringatan tsunami untuk Pulau Samos, yang terletak dekat dengan garis pantai Turki, setelah gempa bumi.

"Jembatan telah runtuh dan kami tidak dapat memasuki kota," kata Hasim Kavuklu, seorang pekerja hotel di Kota Sigacik, Turki, seperti dikutip dari Bloomberg, Jumat (30/10/2020).

Kavuklu melanjutkan, beberapa kapal terbalik di pantai Seferihisar.

Akibat gempa bumi tersebut nilai tukar Lira melemah sebanyak 1,1 persen ke rekor level 8,3779 per dolar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gempa turki yunani

Sumber : Bloomberg

Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top