Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Demonstran Thailand Siap Ajukan Tuntutan Lebih Besar

Ribuan demonstran pada Rabu (21 Oktober) malam menerobos barikade polisi dan kawat berduri untuk berbaris menuju kantor resmi Prayuth.
Para pengunjuk rasa melakukan salut tiga jari ala film The Hunger Games dalam demonstrasi menuntut demokrasi yang lebih besar di Thailand, Agustus 2020./Bloomberg
Para pengunjuk rasa melakukan salut tiga jari ala film The Hunger Games dalam demonstrasi menuntut demokrasi yang lebih besar di Thailand, Agustus 2020./Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Pengunjuk rasa Thailand memberi Perdana Menteri Prayuth Chan-ocha waktu tiga hari untuk mengundurkan diri dan memenuhi tuntutan utama lainnya termasuk mereformasi monarki.

Ribuan demonstran pada Rabu (21 Oktober) malam menerobos barikade polisi dan kawat berduri untuk berbaris menuju kantor resmi Prayuth. Mereka berkumpul di dekat gedung, yang dikenal sebagai Gedung Pemerintah, mereka melakukan hal ini setelah perdana menteri mengatakan pemerintahnya siap untuk mencabut aturan darurat yang melarang pertemuan besar di ibu kota jika protes tetap damai.

"Kami mengajukan surat agar Prayuth mengundurkan diri, yang merupakan salah satu dari tiga tuntutan kami, Jika dalam tiga hari pemerintah tidak memberikan jawaban, rakyat akan kembali dengan tuntutan yang lebih tinggi dari sebelumnya " ujar Free Youth, yang merupakan salah satu organisasi protes utama, dalam sebuah posting Facebook pada Rabu (21 Oktober) malam seperti yang dikutip dari scmp.com. 

Prayuth telah berjuang untuk membendung demonstrasi jalanan yang memuncak, yang telah menggunakan demonstrasi pop-up gaya Hong Kong untuk menghindari polisi dan menentang keputusan darurat yang dikeluarkan minggu lalu. Tetapi pemerintah tidak menunjukkan tanda-tanda untuk memenuhi tuntutan para pengunjuk rasa, yang akan menjungkirbalikkan elit royalis yang telah mempertahankan kekuasaan di sebagian besar sejarah Thailand, tetapi juga berusaha untuk menghindari pertumpahan darah yang dapat mengguncang ekonomi lebih lanjut.

"Saya akan mengambil langkah pertama untuk meredakan situasi ini, Saya saat ini sedang bersiap untuk mencabut keadaan darurat parah di Bangkok dan akan melakukannya segera jika tidak ada insiden kekerasan," ujar Prayuth dalam pidatonya di depan negara pada Rabu (21 Oktober).

Protes tersebut didorong oleh pertumbuhan ekonomi yang lamban selama bertahun-tahun yang sekarang diperburuk oleh pandemi virus korona, yang telah menempatkan ekonomi Thailand pada kinerja terburuknya dengan menggagalkan dua sektor pendorong utama yaitu pariwisata dan perdagangan. Indeks SET patokan saham telah kehilangan sekitar 23 persen tahun ini.

Sementara itu aksi demonstrasi tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti, dan bahkan mulai menyebar ke bagian lain Thailand. Para demonstran telah melawan tabu lama tentang mengkritik keluarga kerajaan secara terbuka, dengan tuntutan agar raja tidak lagi mendukung kudeta, memberikan transparansi tentang bagaimana dana negara dihabiskan, dan menyingkirkan undang-undang yang menghambat diskusi tentang keluarga kerajaan.

Unjuk rasa serentak oleh kelompok pro-royalis untuk mendukung Raja Maha Vajiralongkorn juga menimbulkan kekhawatiran bentrokan antara kelompok yang berlawanan pendapat. Gerakan protes di masa lalu di Thailand telah berakhir dengan berdarah, yang terakhir terjadi pada tahun 2010.

Prayuth, yang merupakan mantan panglima militer yang melakukan kudeta pada tahun 2014, mendesak para pengunjuk rasa untuk mempercayai proses parlemen untuk mengatasi keluhan mereka selama sesi khusus yang akan dilakukan minggu depan dan mengatakan pemerintah dan para aktivis harus "mundur selangkah" dan "mencari solusi. untuk masalah". Raja mendukung sesi yang akan diadakan mulai 26 Oktober, menurut pemberitahuan Royal Gazette pada hari Rabu.

Para pengunjuk rasa yang dipimpin para pemuda juga menyerukan pengunduran diri pemerintah Prayuth dan penulisan ulang konstitusi, yang dirancang oleh panel yang ditunjuk militer setelah kudeta 2014. Para aktivis mengatakan piagam itu penting dalam membantu Prayuth mempertahankan kekuasaan setelah pemilu 2019.

Perdana menteri mengatakan sudah waktunya untuk memutus siklus dimana para pemimpin pemerintah harus menghadapi kelompok yang berlawanan pendapat untuk mencegah negara menjadi tidak dapat diatur dan turun ke dalam kekacauan.

“Satu-satunya cara pasti untuk mencapai penyelesaian masalah yang berkelanjutan dan bertahan lama adalah dengan berbicara satu sama lain, serta menghormati proses hukum yang berlaku,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper