Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Begini Penilaian Ketua DPR tentang Setahun Kinerja Jokowi-Ma'ruf

Ketua DPR Puan Maharani menyoroti kinerja kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yang hari ini tepat berjalan setahun.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 20 Oktober 2020  |  17:59 WIB
Ketua DPR Puan Maharani memberikan pidato saat sidang tahunan MPR di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - TV Parlemen
Ketua DPR Puan Maharani memberikan pidato saat sidang tahunan MPR di Jakarta, Jumat (14/8/2020). Bisnis - TV Parlemen

Bisnis.com, JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani mengatakan bencana kesehatan wabah Covid-19 yang banyak menelan korban telah mengakibatkan kinerja pemerintah cukup terganggu.

Padahal, kata dia, pemerintahan Jokowi-Ma’ruf baru saja menjalankan visi misi dan program yang disampaikan pada masa kampanye.

“Pandemi Covid-19 turut berimplikasi kepada bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi dengan melemahnya pertumbuhan ekonomi global,” kata Puan melalui keterangan video, Selasa, (20/10/2020).

Pernyataan itu sekaligus menyoroti kinerja masa satu tahun kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin. Menurut Puan, selama satu tahun ini banyak tantangan yang dihadapi pemerintah termasuk pandemi Covid-19.

Untuk itu, Puan meminta Presiden Jokowi dan jajaran kabinet Indonesia Maju agar berupaya lebih keras lagi mengatasi masalah tersebut sepanjang periode kedua. Dia menegaskan, tantangan Presiden Jokowi pada periode keduanya ini jangan sampai disikapi secara sederhana karena permasalahan yang dihadapi begitu kompleks.

“Apa yang pemerintah akan lakukan selama lima tahun ke depan bisa menentukan kemajuan indonesia untuk lima puluh tahun ke depan,” kata politisi PDI Perjuangan ini.

Lebih lanjut Puan meminta pemerintah mampu menentukan dan memprioritaskan sektor-sektor yang menjadi fokus utama dan seberapa besar dampaknya bagi kesehatan, sosial, serta pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.

Dia juga mengingatkan peran serta masyarakat untuk turut mendukung upaya pemerintah mewujudkan program yang sudah dicanangkan selama masa pemerintahan Presiden Jokowi ke depan.

DPR RI, kata dia, telah memastikan akan menjalankan fungsi pengawasan, legislasi, dan anggaran agar kebijakan pemerintah dapat benar-benar memberi manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat.

“Pemerintah harus berani membuat terobosan-terobosan sesuai dengan prioritasnya di kondisi yang tidak biasa ini agar target pemulihan ekonomi nasional terealisasi dengan selalu memperhatikan dampak kesehatan dan sosial dari masyarakat,” katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi dpr Ma'ruf Amin Kabinet Jokowi-Ma'ruf wapres ma'ruf amin Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top