Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Waspada, Virus Corona Bertahan 28 Hari di Layar Ponsel dan Uang Kertas

Virus bertahan lebih lama di permukaan uang kertas daripada uang plastik dan bertahan lebih lama di permukaan halus daripada permukaan berpori seperti kapas.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  07:05 WIB
Sel virus corona
Sel virus corona

Bisnis.com, JAKARTA - Ilmuwan Australia menemukan bahwa virus penyebab Covid-19 atau Virus Corona SARS-CoV-2 dapat bertahan hingga 28 hari pada permukaan seperti layar kaca ponsel, baja tahan karat, vinil, dan uang kertas.

Badan ilmu pengetahuan nasional Australia (CSIRO), menyatakan penelitian yang dilakukan di Pusat Kesiapsiagaan Penyakit Australia (ACDP) di Geelong juga menemukan bahwa Sars-CoV-2 bertahan lebih lama pada suhu yang lebih rendah.

Menurut sebuah pernyataan badan itu, virus bertahan lebih lama di permukaan uang kertas daripada uang plastik dan bertahan lebih lama di permukaan halus daripada permukaan berpori seperti kapas.

Penelitian yang dipublikasikan di Virology Journal, juga menemukan Virus Corona  bertahan 10 hari lebih lama daripada virus influenza pada beberapa permukaan benda.

Dokter Larry Marshall, kepala eksekutif CSIRO, mengatakan lama virus bertahan di permukaan memungkinkan para ilmuwan untuk lebih akurat memprediksi dan mencegah penyebarannya. Dengan demikian bisa melindungi komunitas dari infeksi.

Wakil Direktur ACDP, Debbie Eagles mengatakan hasil tersebut memperkuat perlunya praktik yang baik seperti mencuci tangan dan membersihkan permukaan benda secara teratur.

“Pada suhu 20 derajat Celcius, yang setara dengan suhu ruangan, kami menemukan bahwa virus itu sangat kuat, bertahan selama 28 hari pada permukaan yang halus seperti kaca layar ponsel,” ujarnya seperti dikutip TheGuardian.com (12/10/2020).

Eksperimen serupa untuk virus Influenza A menemukan bahwa ia bertahan di permukaan selama 17 hari.

Percobaan lebih lanjut dilakukan pada suhu 30 dan 40 derajat Celsius dengan waktu bertahan hidup untuk virus Sars-CoV-2 menurun seiring dengan peningkatan suhu.

“Meskipun tingkat kontak permukaan dan jumlah virus yang dibutuhkan untuk infeksi masih belum bisa dipastikan, namun mengetahui  berapa lama virus ini tetap bertahan di permukaan sangat penting untuk mengembangkan strategi mitigasi risiko di daerah dengan kontak tinggi, menurut kesimpulan hasil penelitian tersebut.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona covid-19
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top