Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Mahfud MD Bicara Kejatuhan Presiden yang Dituduh Menyimpang dari Pancasila

Mahfud MD memberikan contoh bahwa era Soekarno yang dikenal sebagai penggali Pancasila dijatuhkan karena dituduh menyelewengkan Pancasila. Demikian juga Soeharto dan presiden berikutnya yang dituding menyeleweng dari Pancasila.
Hendri Tri Widi Asworo
Hendri Tri Widi Asworo - Bisnis.com 11 Oktober 2020  |  09:18 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD memaparkan materi pada acara Bincang Seru Mahfud di kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/10/2019). Bisnis - Rachman
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mohammad Mahfud MD memaparkan materi pada acara Bincang Seru Mahfud di kampus Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat, Rabu (30/10/2019). Bisnis - Rachman

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD angkat bicara mengenai tudingan kepada pemerintah akhir-akhir ini. Tudingan tersebut mulai dari komunis hingga kapitalis.

Mahfud bersuara melalui akun Twitter @mohmahfudmd. Dengan menyitir meme yang beredar pada September soal isu film G30S/PKI pemerintah dituding pro terhadap paham komunis. Kemudian memasuki Oktober saat ramai pembahasan UU Cipta Kerja pemerintah dituduh pro kapitalis.

Atas tuduhan pro komunis dan kapitalis tersebut, Mahfud bertanya-tanya teori apa yang bisa menjelaskan soal ideologi dalam Pancasila di tengah tudingan tersebut. Mahfud menyebutkan bahwa fenomena yang terjadi saat ini lebih tepat mempertimbangkan teori Fred Riggs tentang Prismatic Society.

“Ada meme: Bln September dlm ribut2 Film G.30.S/PKI Pemerintah dituding pro komunisme, bln Oktober krn ribut2 UU Ciptaker dituduh pro kapitalisme. Teori apa yg bs menjelaskan ideologi Pancasila  kita? Mungkin kita perlu mempertimbangkan teorinya Fred Riggs ttg "Prismatic Society." Demikian  tulis Mahfud pagi ini, Minggu (11/10/2020).

Terori Prismatic Society yang dicetuskan oleh Fred W. Riggs berbicara mengenai fenomena masyarakat transisi atau masyarakat prismatik dari sebelumnya agraris menuju industri. Sifat masyarakat negara sedang berkembang merupakan pangkal ketidak netralan birokrasi.

Menurut ilmuwan kelahiran China (1917-2008) dan berwarga negara Amerika tersebut, pada umumnya masyarakat di negara berkembang adalah masyarakat transisi. Antara masyarakat yang mempunyai karakteristik tradisional sekaligus modern.

Lebih lanjut, Mahfud menilai munculnya fenomena itu mungkin karena konsep implementasi Pancasila yang tidak pernah jelas. Oleh sebab itu, sambungnya, semua pemerintah selalu dituding menyeleweng dari Pancasila.

Dia memberikan contoh bahwa era Soekarno yang dikenal sebagai penggali Pancasila dijatuhkan karena dituduh menyelewengkan Pancasila. Demikian juga Soeharto dan presiden berikutnya yang dituding menyeleweng dari Pancasila.

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mahfud md pancasila cipta kerja
Editor : Hendri Tri Widi Asworo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top