Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Istana Buka Suara Soal Menkes Terawan Jarang Tampil Bicara Soal Corona

Istana menyatakan penunjukan Wiku Adisasmito sebagai Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 bukan untuk menggugurkan tugas Menkes Terawan berbicara di depan publik.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 29 September 2020  |  16:27 WIB
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kiri) mengikuti rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Rapat kerja tersebut membahas pembicaraan pendahuluan RAPBN Tahun Anggaran 2021 (RKA K/L dan RKP K/L) Kementerian Kesehatan tahun 2021. ANTARA FOTO - Puspa Perwitasari
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (kiri) mengikuti rapat kerja bersama Komisi IX DPR di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2020). Rapat kerja tersebut membahas pembicaraan pendahuluan RAPBN Tahun Anggaran 2021 (RKA K/L dan RKP K/L) Kementerian Kesehatan tahun 2021. ANTARA FOTO - Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Tenaga Ahli Kedeputian Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo tidak pernah sekalipun melarang Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto untuk bicara soal Covid-19 di hadapan publik.

Menurut Donny, pimpinan tertinggi di sektor kesehatan tersebut justru menjadi spokes person pertama soal isu-isu kesehatan.

Seperti diketahui, keberadaan Menkes Terawan telah lama menjadi perbincangan. Setelah hampir 7 bulan pandemi Covid-19 di Indonesia, dokter militer ini sangat jarang bicara di depan publik soal perkembangan penanganan virus Corona.

Isu tersebut pun kembali viral usai Najwa Shihab dalam program Mata Najwa mewawancarai bangku kosong di hadapannya. Hal ini dilakukan Najwa karena dia sudah berulang kali mengundang Terawan hadir, tetapi tak juga kunjung datang.

Terkait hal itu, Donny mengatakan bukan perkara besar. Ketidakhadiran Menkes bisa jadi hanya karena perkara jadwal.

“Saya kira tidak ada masalah apa-apa. Itu kebetulan jadwal beliau cukup padat. Apalagi kondisi pandemi seperti ini, sehingga tidak hadir dan bicara atas nama pemerintah. Toh masih banyak yang bisa bicara, ada Jubir Covid-19 Prof Wiku, tapi tidak ada masalah apa-apa yang membuat beliau tidak muncul atau bicara di publik,” kata Donny saat dikonfirmasi, Selasa (29/9/2020).

Donny juga menyebutkan bahwa penunjukan Wiku Adisasmito sebagai Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 bukan untuk menggugurkan tugas Menkes Terawan berbicara di depan publik.

“Beliau [Menkes] bekerja tapi beliau bisa berbicara juga. Dalam beberapa kesempatan beliau bicara tentang progres Covid-19. Untuk soal-soal lain beliau juga bicara. Isu kesehatan kan bukan cuma Covid-19,” kata Donny.

Adapun, sebelum virus Corona resmi masuk ke Indonesia Menkes Terawan cukup banyak mengomentari soal pandemi Covid-19. Dia pun tampil bersama Presiden Joko Widodo pada 2 maret 2020, saat mengumumkan orang Indonesia pertama yang terinfeksi virus Corona.

Selanjutnya, hingga jumlah pasien Covid-19 masih dapat dihitung jari, mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto ini juga masih sering berbicara mengenai Corona kepada media. Namun beberapa ucapannya sering kali menjadi kontroversial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi menkes Virus Corona dokter terawan covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top