Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jokowi Ajak GP Ansor Bantu Pemerintah Tekan Dampak Corona

Presiden meminta GP Ansor merapatkan barisan dan menyatukan frekuensi untuk berikhtiar menekan penularan virus Corona dan mengatasi segala dampak yang menyertai.
Muhammad Khadafi
Muhammad Khadafi - Bisnis.com 18 September 2020  |  16:27 WIB
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam acara Peresmian Pembukaan Konferensi Besar XXIII Gerakan Pemuda Ansor Tahun 2020, Jumat, 18 September 2020 / Youtube Setpres
Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan dalam acara Peresmian Pembukaan Konferensi Besar XXIII Gerakan Pemuda Ansor Tahun 2020, Jumat, 18 September 2020 / Youtube Setpres

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa musuh terbesar yang dihadapi umat manusia saat ini, termasuk Indonesia adalah pandemi Covid-19.

Presiden pun meminta Gerakan Pemuda (GP) Ansor merapatkan barisan dan menyatukan frekuensi untuk berikhtiar menekan penularan virus Corona dan mengatasi segala dampak yang menyertai.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menyampaikan sambutan secara virtual pada acara Konferensi Besar ke-23 GP Ansor, Jumat (18/9/2020).

“Ikhtiar dengan sungguh-sungguh, baik ikhtiar dhohir maupun batin,” kata Presiden.

Ikhtiar dhohir dengan cara menjaga pola hidup bersih sebagaimana dalam ajaran Islam. Dalam konteks saat ini adalah mengikuti protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, rajin mencuci tangan, menjaga wudhu, mengonsumsi makanan halal dan sehat, olahraga cukup, istirahat cukup, dan tidak stres.

Adapun, ikhtiar batin dapat dilakukan dengan memperbanyak dzikir dan taubat kepada Allat SWT. Selain itu juga dapat dilakukan dengan perbanyak infak dan sedekah, karena banyak masyarakat yang saat ini kehilangan pekerjaan dan memerlukan bantuan.

“Saya mengajak seluruh anggota Gerakan Pemuda Ansor di manapun berada baik secara individual maupun kolektif ikut turun tangan bersama-sama pemerintah dan elemen bangsa yang lainnya ikut membantu meringankan beban saudara-saudara kita,” kata Presiden.

Presiden juga menitipkan pesan kepada GP Ansor untuk membeli dan mempromosikan produk petani lokal, nelayan lokal, dan juga produk usaha mikro, kecil, dan menengah.

Menurut Jokowi, pandemi memberikan pelajaran berharga tentang betap pentingnya kemandirian untuk berdiri di atas kaki sendiri.

“Saya yakin dengan gerakan bersama ini kita bukan hanya akan membantu kehidupan para petani, nelayan dan UMKM, tapi juga akan membuat ekonomi bisa ikut bergerak sehingga negara kita bukan hanya bisa pulih dari ancaman penyebaran pandemi namun ekonominya juga bisa bangkit kembali menuju pada kondisi yang normal kembali,” kata Jokowi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi gp ansor Virus Corona covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top