Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kebakaran Kejaksaan Agung, Disengaja atau Karena Kelalaian?

Indikasi awal bahwa kebakaran ini mengarah ke peristiwa pidana harus diteruskan dengan menetapkan pihak-pihak yang diduga terlibat.
Suasana saat kebakaran terjadi di Gedung Kejaksaan Agung/Istimewa-Wahyu Muryadi
Suasana saat kebakaran terjadi di Gedung Kejaksaan Agung/Istimewa-Wahyu Muryadi

Bisnis.com, JAKARTA - Polisi diminta memastikan apakah kebakaran di Gedung Utama Kejaksaan Agung terjadi karena disengaja atau karena ada kelalaian. Jika disengaja, Polisi perlu segera mengungkap siapa yang diduga melakukannya.

Ketua Komisi III DPR Herman Herry mengatakan penyelidikan atas dugaan adanya tindak pidana di balik kebakaran Gedung Kejaksaan Agung harus diteruskan dengan menetapkan pihak yang diduga terlibat, bila memang indikasi itu benar.

"Saya tentu menyambut baik kemajuan yang dicapai Bareskrim Polri terkait penyelidikan serta pengungkapan terjadinya kebakaran Gedung Kejaksaan Agung beberapa waktu lalu. Tentunya indikasi awal bahwa kebakaran ini mengarah ke peristiwa pidana harus diteruskan dengan menetapkan pihak-pihak yang diduga terlibat," ujar Herman kepada wartawan, Kamis (17/9/2020).

Pada bagian lain dia mengatakan pihak Bareskrim juga harus segera mengungkap apakah kebakaran tersebut disebabkan oleh kesengajaan atau kelalaian.

Politisi PDI Perjuangan itu mengingatkan bahwa penyelidikan kebakaran itu harus dilakukan secara tuntas.

"Pihak kepolisian harus bekerja transparan dan profesional untuk mengungkap kebakaran Gedung Kejaksaan Agung, terlebih kasus ini menjadi salah satu perhatian masyarakat," kata Herman.

Terkait fungsi pengawasan, Komisi III DPR akan terus memantau perkembangan penyelidikan kebakaran tersebut, katanya.

Sebelumnya, Bareskrim Polri menduga ada unsur pidana di balik kebakaran gedung Kejaksaan Agung beberapa waktu lalu. Kendati demikian, Polri menyebut masih melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Dari beberapa temuan di TKP serta olah TKP oleh rekan-rekan Puslabfor menggunakan instrumen, serta pemeriksaan 131 saksi dan beberapa yang sedang, kemudian mendapatkan keterangan-keterangan yang kita butuhkan, maka peristiwa yang terjadi sementara penyidik berkesimpulan terdapat dugaan peristiwa pidana," kata Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo di Gedung Bareskrim.

Kebakaran Gedung Kejaksaan Agung terjadi pada Sabtu  22 Agustus 2020 dan asal api diduga dari lantai 6 yang kemudian menjalar ke seluruh gedung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper