Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Dua Per Tiga WNI Jemaah Tabligh di India Sudah Dipulangkan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan ada 122 WNI yang difasiltasi repatriasinya, dan telah tiba pagi hari ini sehingga totalnya sudah 515 orang.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 17 September 2020  |  14:36 WIB
Ilustrasi - Sejumlah WNI tengah antre dalam proses boarding pada penerbangan menuju Jakarta dari Australia. Sebanyak 358 WNI mengikuti program repatriasi mandiri, difasilitasi oleh KBRI Canberra. - KBRI Canberra
Ilustrasi - Sejumlah WNI tengah antre dalam proses boarding pada penerbangan menuju Jakarta dari Australia. Sebanyak 358 WNI mengikuti program repatriasi mandiri, difasilitasi oleh KBRI Canberra. - KBRI Canberra

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri melalui perwakilannya di India telah memfasilitasi 122 WNI jemaah tabligh ke Tanah Air. Dengan demikian, dua per tiga WNI jemaah tabligh sudah kembali.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan repatriasi ini dilakukan pada Rabu (16/9/2020) dan telah tiba pada pagi hari ini.

"Dengan kepulangan mereka, 515 WNI jemaah tabligh atau dua per tiga dari total WNI jemaah tabligh di India telah berhasil kami fasilitasi kepulangannya," ujarnya saat press briefing, Kamis (17/9/2020).

Pemulangan kali ini merupakan upaya dari perwakilan RI di New Delhi dan Mumbai.

Repatriasi jemaah tabligh ini telah dibahas sebelumnya pada pertemuan Asean - India bersama Menteri Luar Negeri India agar memberi bantuan pemulangan.  

Seperti diketahui, jemaah tabligh tidak hanya berasal dari Indonesia, tetapi juga dari negara lain seperti Malaysia, Filipina, dan lainnya. 

"Hal ini telah ditanggapi dengan baik oleh Menlu India. Upaya repatriasi WNI jemaah tabligh bukan proses yang mudah.

Upaya repatriasi terus berlanjut lantaran sebanyak 237 WNI jemaah tabligh masih tertahan di India.  Mereka tersebar di sejumlah negara bagian seperti  Tamil Nadu, Uttar Pradesh, Telangana, New Delhi, Maharashtra, Karnataka, dan Jharkhand.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

india wni repatriasi
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

BisnisRegional

To top