Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

105 Jemaah Tablig Asal Indonesia di India dan Pakistan Positif Covid-19

. Dia mengatakan dari 105 jemaah tabligh WNi tersebut sebanyak 75 orang berada di India dan 30 orang di Pakistan.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 30 April 2020  |  08:20 WIB
Ilustrasi - Peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. ANTARA/HO - Int
Ilustrasi - Peserta Ijtima Dunia 2020 Zona Asia di Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. ANTARA/HO - Int

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri mencatat terdapat 1.148 jemaah tablig asal Indonesia yang tersebar di 13 negara. Sebanyak 105 di antaranya positif Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam press briefing pada Rabu (29/4/2020). Dia mengatakan dari  105 jemaah tabligh WNi tersebut sebanyak 75 orang berada di India dan 30 orang di Pakistan.

Sebanyak 44 orang di India telah sembuh dan 18 orang juga telah sembuh dari Covid-19 di Pakistan.

Retno mengungkapkan bahwa perwakilan RI setempat telah membagikan 1.196 paket sembako kepada jemaah tablig yang berada di Pakistan, India, dan Bangladesh.

“Kemarin presiden telah melakukan komunikasi dengan Perdana Menteri India dan telah menyampaikan isu terkait jemaah tablig WNI. Kedua pemimpin sepakat menugaskan menlu kedua negara untuk menindaklanjuti pembicaraan kedua pemimpin tersebut,” ujarnya.

Hal itu juga diikuti dengan pemantauan dari perwakilan RI dari dekat dan berkoordinasi dengan otoritas untuk mengecek keamanan WNI di sana.

Perwakilan RI juga melakukan komunikasi dengan wakil jemaah tabligh Wi dan juga melakukan pendampingan hukum dan kekonsuleran, terutama bagi mereka yang saat ini tengah menghadapi masalah hukum.

Di samping itu, Retno juga memerinci, 19 jemaah tabligh yang berada di Maroko, Yordania, dan Thailand telah telah kembali ke Indonesia sejak 20 April 2020.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenlu Virus Corona
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top