Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jelang Pengangkatan Yoshihide Suga, Kabinet Shinzo Abe Mengundurkan Diri

Pengunduran diri anggota kabinet secara massal ini menandai berakhirnya masa jabatan Perdana Menteri Shinzo Abe yang telah berlangsung hampir delapan tahun.
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 16 September 2020  |  09:51 WIB
Yoshihide Suga (tengah) berforo bersama Shigeru Ishiba (kiri) dan Fumio Kishida (kanan). Suga memenangkan 377 dari 535 suara dalam pemilihan ketua Partai Demokratik Liberal, menggantikan Shinzo Abe. - Bloomberg
Yoshihide Suga (tengah) berforo bersama Shigeru Ishiba (kiri) dan Fumio Kishida (kanan). Suga memenangkan 377 dari 535 suara dalam pemilihan ketua Partai Demokratik Liberal, menggantikan Shinzo Abe. - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Kabinet Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengundurkan diri secara massal pada Rabu pagi, menandai berakhirnya masa jabatan Abe selama hampir delapan tahun.

Yoshihide Suga, pemimpin baru Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa, akan menjabat sebagai perdana menteri baru Jepang pada Rabu malam setelah parlemen secara resmi memilihnya sebagai perdana menteri baru.

"Saya telah menghabiskan setiap hari mengerahkan semua yang saya miliki untuk pemulihan ekonomi dan diplomasi untuk melindungi kepentingan Jepang," kata Abe di kantor perdana menteri.

"Merupakan kehormatan bagi saya untuk dapat bekerja dalam berbagai masalah bersama dengan masyarakat selama ini. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang dari lubuk hati saya yang paling dalam," katanya.

Setelah mengumumkan anggota kabinetnya, Suga akan dilantik secara resmi pada upacara di Istana Kekaisaran Rabu malam dan mengadakan konferensi pers pada malam harinya.

Masa jabatan Suga akan berlangsung selama sisa masa jabatan Abe sebagai pemimpin LDP hingga September 2021.

Bersama dengan sekutu koalisi junior mereka Komeito, LDP mendominasi di kedua kamar di parlemen bikameral Jepang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang shinzo abe
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top