Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Seragam Berubah, Ini 4 Aturan Baru Kapolri soal Satpam

Berbeda dengan penggunaan istilah Pam Swakarsa pada Era Reformasi 1998, dalam Perkap ini sosok sentral Pam Swakarsa adalah satuan pengamanan alias Satpam.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 September 2020  |  07:35 WIB
Sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti upacara HUT ke-38 Satpam di Alun-Alun Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (8/1/2019). - Antara
Sejumlah anggota Satuan Pengamanan (Satpam) mengikuti upacara HUT ke-38 Satpam di Alun-Alun Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (8/1/2019). - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kapolri Jenderal Idham Azis telah meneken Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa atau Pam Swakarsa, pada 4 Agustus 2020.

Berbeda dengan penggunaan istilah Pam Swakarsa pada Era Reformasi 1998, dalam Perkap ini sosok sentral Pam Swakarsa adalah satuan pengamanan alias Satpam.

Pada Perkap baru ini, Pam Swakarsa didefinisikan mengemban fungsi kepolisian yang diadakan atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan masyarakat sendiri yang kemudian memperoleh pengukuhan dari Polri.

Di lapangan, Pam Swakarsa terdiri dari Satuan Pengamanan alias Satpam dan Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling.

Penguatan fungsi satpam ini diperkuat dengan sejumlah perubahan dalam tubuh lembaga pengamanan terdekat dengan masyarakat tersebut. Berikut beberapa perubahan baru yang diatur.

1 dari 5 halaman

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

satpam
Sumber : Tempo.Co
Editor : Nancy Junita

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top