Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Alibaba Siap Suntik Grab dengan Dana Segar US$3 Miliar

Bila negosiasi berjalan lancar, Alibaba bakal mengambil alih sebagian porsi kepemilikan Uber terhadap Grab.
Alibaba
Alibaba

Bisnis.com, JAKARTA - Grup konglomerasi asal China Alibaba Group Holdings Ltd tengah melakukan negosiasi penyuntikan modal terhadap Grab Holdings Inc. 

Menurut laporan Bloomberg Senin (14/9), Alibaba siap mengucurkan dana sebesar US$3 miliar kepada perusahaan transportasi daring asal Asia Tenggara tersebut. Nominal ini setara dengan seperlima valuasi terbaru Grab yang ditaksir menyentuh US$14 miliar.

Sumber anonim dari internal Grab lantas menambahkan bahwa nanti Grab bakal mengambil alih sebagian porsi saham yang saat ini dipegang  Uber Technologiesn Inc.

Bila rencana tersebut terealisasi, perusahaan bakal merasakan sedikit angin segar. Pasalnya CEO Grab Anthony Tan sebelumnya mengakui bahwa mereka tengah dalam situasi krisis.

Pada pertengahan Juni lalu, Grab melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 5 persen karyawan mereka di Asia Tenggara. 

Para investor juga dikabarkan tengah frustrasi untuk mencari celah dalam upaya persaingan dengan kompetitor terdekat mereka, GoJek. Perusahaan asal Indonesia tersebut belakangan telah mendapat pendanaan tambahan dari Facebook Inc dan PayPal Holdings Inc.

Grab saat ini tercatat punya beberapa perusahaan konglomerasi mentereng sebagai pendana mereka. Mulai dari Softbank Capital, HSBC, GGV Capital, Vertex Ventures, Microsoft, dan masih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper