Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Alibaba Siap Suntik Grab dengan Dana Segar US$3 Miliar

Bila negosiasi berjalan lancar, Alibaba bakal mengambil alih sebagian porsi kepemilikan Uber terhadap Grab.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 14 September 2020  |  17:36 WIB
Alibaba
Alibaba

Bisnis.com, JAKARTA - Grup konglomerasi asal China Alibaba Group Holdings Ltd tengah melakukan negosiasi penyuntikan modal terhadap Grab Holdings Inc. 

Menurut laporan Bloomberg Senin (14/9), Alibaba siap mengucurkan dana sebesar US$3 miliar kepada perusahaan transportasi daring asal Asia Tenggara tersebut. Nominal ini setara dengan seperlima valuasi terbaru Grab yang ditaksir menyentuh US$14 miliar.

Sumber anonim dari internal Grab lantas menambahkan bahwa nanti Grab bakal mengambil alih sebagian porsi saham yang saat ini dipegang  Uber Technologiesn Inc.

Bila rencana tersebut terealisasi, perusahaan bakal merasakan sedikit angin segar. Pasalnya CEO Grab Anthony Tan sebelumnya mengakui bahwa mereka tengah dalam situasi krisis.

Pada pertengahan Juni lalu, Grab melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 5 persen karyawan mereka di Asia Tenggara. 

Para investor juga dikabarkan tengah frustrasi untuk mencari celah dalam upaya persaingan dengan kompetitor terdekat mereka, GoJek. Perusahaan asal Indonesia tersebut belakangan telah mendapat pendanaan tambahan dari Facebook Inc dan PayPal Holdings Inc.

Grab saat ini tercatat punya beberapa perusahaan konglomerasi mentereng sebagai pendana mereka. Mulai dari Softbank Capital, HSBC, GGV Capital, Vertex Ventures, Microsoft, dan masih banyak lagi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alibaba Grab
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top