Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pelabuhan Beirut Kembali Terbakar, Belum Ada Korban yang Dilaporkan

Penyebab kebakaran belum jelas, tetapi tentara Lebanon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kebakaran itu dimulai dari gudang tempat penyimpanan minyak dan ban.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 11 September 2020  |  07:49 WIB
Kondisi kota Beirut, Lebanon, setelah ledakan gudang penyimpanan amonium nitrat sebesar 2.750 ton - Bloomberg
Kondisi kota Beirut, Lebanon, setelah ledakan gudang penyimpanan amonium nitrat sebesar 2.750 ton - Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Ledakan dan kebakaran besar kembali terjadi di Pelabuhan Beirut kemarin setelah pada 14 Agustus 2020, tempat yang sama dihantam  ledakan besar dan menewaskan hampir 200 orang.

Penduduk yang masih panik akibat ledakan dahsyat itu diberitahu oleh Gubernur Beirut Marwan Abboud untuk menjauhi area pelabuhan "demi keselamatan mereka".

Gubernur juga  mengizinkan petugas pemadam kebakaran melakukan tugas mereka, menurut kantor berita negara NNA seperti dikutip CNN.com, Jumat (11/9/2020).

Penyebab kebakaran belum jelas, tetapi tentara Lebanon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kebakaran itu dimulai dari gudang tempat penyimpanan minyak dan ban di pasar bebas bea di pelabuhan. Akan tetapi, belum ada korban yang dilaporkan.

Di tempat kejadian, sebuah gudang yang dilalap api membuat gumpalan asap hitam membubung ke langit.

Banyak penduduk Beirut yang berbagi video di media sosial mengungkapkan kekecewaan mereka karena terulangnya bencana yang sama di kota mereka.

Upaya pemadaman api yang tampaknya telah menyebar ke gudang yang berdekatan terus dilakukan, ujar Brigadir Jenderal Raymond Khattar, Direktur Jenderal Pertahanan Sipil Lebanon.

Dia mengatakan kepada NNA bahwa kobaran api telah "dikepung sepenuhnya" oleh personel pertahanan sipil dan pemadam kebakaran yang bekerja di lapangan. Helikopter Angkatan Udara Lebanon juga ikut memadamkan api dari udara.

Sebelumnya, ledakan besar yang terjadi di Kota Beirut  pada Selasa (4/8/2020) menyita perhatian dunia.

Sebagian Kota Beirut mengalami rusak parah dan korban jiwa pun berjatuhan dalam peristiwa dua ledakan tersebut.

Lokasi ledakan berada di kawasan pelabuhan, berdekatan dengan pusat kota Beirut. Video ledakan di Beirut tersebut kemudian tersebar luas di media sosial.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lebanon ledakan
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top